Senin, 07 September 2020

FIRMAN TUHAN TENTANG KASIH Yohanes 3:16-21


FIRMAN TUHAN TENTANG KASIH



Kasih Sejati Telah Allah Berikan
Bacaan: Yohanes 3:16-21



Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, agar Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, agar tiap-tiap orang yang yakin kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 3:16



Setiap orang pasti punyai kasih dan dengan kasih yang dimilikinya itu ia  akan mengasihi sesamanya. Namun terkadang kita sebagai manusia cuma sudi mengasihi orang yang dekat dengan kita seperti keluarga atau pasangan hidup atau cuma mengasihi sesama yang berasal berasal dari latar belakang yang sama. Bahkan terkadang kita cuma sudi mengasihi orang yang mengasihi kita saja. Bukankah kita sangat egois jikalau cuma berbuat demikian?



Dalam Markus 12:30-31 dijelaskan bahwa kita kudu mengasihi sesama kita tanpa memandang keadaannya sama seperti kita mengasihi Allah dan mengasihi diri kita sendiri. Kasih kepada sesama mampu ditunjukkan melalui segala tindakan kita. Tanpa tindakan yang nyata, segala hal perihal kasih cuma omong kosong belaka.

FIRMAN TUHAN TENTANG KASIH

variety.com



Namun, tindakan yang didasari oleh alasan salah termasuk sama buruknya. Misalnya mengasihi gara-gara orang itu mengasihi kita terlebih dahulu atau mengasihi gara-gara orang itu senantiasa tersedia dan menopang kita saat membutuhkan. “Aku mengasihi dia gara-gara dia mengasihi aku” atau “Aku tidak mengasihi dia gara-gara dia tidak sama denganku”. Seringkali manusia berpikir seperti ini. Hal ini membuat manusia jadi lupa basic dan alasan mengapa kita kudu mengasihi sesama kita. Kita mengasihi sesama kita gara-gara Tuhan terlebih dahulu mengasihi kita.



Secara umum, tersedia beberapa kasih yang kudu kita ketahui. Kasih itu antara lain Filia (brotherly love), Eros (romantic love), Storage (motherly love) dan juga kasih Agape. Filia merupakan kasih persahabatan diantara saudara atau teman. Kasih ini secara alami akan muncul jikalau kita terasa nyaman dengan seseorang gara-gara tersedia keselarasan atau kesamaan sifat. Eros merupakan kasih yang berhubungan diantara pasangan lawan jenis. Kasih ini muncul gara-gara danya permintaan untuk saling punyai dan menikmati secara egosentris. Storage merupakan kasih yang diberikan orang tua kepada anaknya. Kasih ini secara alamiah muncul antara orang tua dan anak-anak apalagi mampu muncul antar saudara atau antar pasangan suami istri. Kasih storage merupakan kasih yang penuh kebaikan, pengorbanan dan kesungguhan hati.



Ketiga type kasih itu merupakan kasih yang sementara gara-gara kasih tersebut tidak didasari atas kasih Allah. Terkadang ketiga kasih tersebut mampu saling memakai satu sama lain apalagi mampu saling menyakiti. Lalu apakah tersedia kasih sejati yang tidak akan menyakiti? Tentu saja ada. Kasih itu adalah kasih Agape. Agape merupakan kasih yang paling agung dan paling besar yang manusia terima. Kasih ini merupakan kasih Bapa di sorga kepada anak-anakNya. Ini terbukti saat Bapa di sorga mengaruniakan anakNya yang tunggal agar kita manusia yang berdoa diselamatkan.

Kasih sejati cuma mampu kita peroleh berasal dari Allah. Salah satu wujud kasihNya kepada kita adalah saat Yesus sudi mati di kayu salib untuk menebus dan membayar dosa kita agar kita mampu beroleh keselamatan. Bukankah tidak tersedia kasih yang lebih besar berasal dari kasih yang Allah memberikan kepada kita?



Kasih yang diberikan oleh manusia suatu waktu mampu hilang. Kasih yang diberikan itu termasuk mampu dimanfaatkan demi keuntungan semata saja apalagi kasih yang diberikan manusia cuma berwujud sementara. Beda halnya dengan kasih yang Allah berikan. Kasih yang Allah memberikan merupakan kasih sejati yang tidak akan pernah hilang dan berwujud kekal. Oleh gara-gara itu, jikalau kita mencari kasih sejati itu, rasakanlah kasih yang telah Allah memberikan dalam hidupmu. Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar