Jumat, 04 September 2020

Apa itu Dosa? dan Hukuman Dari Allah


Hukuman berasal dari Allah - Dosa merupakan salah satu wujud pelanggaran cinta kasih pada Tuhan ataupun pada sesama yang dapat menyebabkan putusnya hubungan pada manusia dengan Allah. Pelanggaran yang dapat dilaksanakan oleh manusia ada beraneka macam dan salah satunya adalah ketika manusia tidak senang mengikuti perintah Allah di dalam hidupnya. Umumnya dosa yang membelenggu manusia dapat terjadi dikarenakan manusia lebih mencintai dirinya sendiri dibandingkan mencintai Tuhan agar jauhi dirinya berasal dari cinta kasih Allah.



Apa itu Dosa?
Apa itu Dosa dan Hukuman Dari Allah

jw.org



Dosa dipandang sebagai sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan baik di dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan. Alkitab mengatakan dosa merupakan wujud ketidaktaatan manusia di dalam hubungannya dengan Tuhan di mana ketidaktaatan itu ada di dalam wujud pemberontakan dan pelanggaran manusia.



Sejak Adam dan Hawa jatuh ke di dalam dosa, semua manusia yang ada di bumi ini tidak ada yang tidak berdosa. Perjanjian Lama mengatakan kalau manusia menghendaki terbebas berasal dari hukuman Allah akibat dosa yang telah diperbuatnya, maka manusia mesti mempersembahkan korban penghapusan dosa dan korban penebus salah. Korban yang dapat dipersembahkan pada kala itu adalah hewan layaknya kambing domba. Namun, di dalam Perjanjian Baru disebutkan bahwa manusia tidak ulang mesti mempersembahkan korban dikarenakan Kristus telah mati di kayu salib sebagai wujud penebusan atas dosa manusia.

Penggolongan Dosa
Dosa daat digolongkan menjadi sebagian bentuk. Adapun penggolongan dosa adalah sebagi berikut:



Dosa menurut objeknya
Dosa menurut kebajikan yang bertentangan dengannya
Dosa menurut perintah yang dilanggarnya
Dosa yang dilaksanakan secara segera baik pada Allah, pada sesama maupun pada diri sendiri
Dosa rohani atau jasmani
Dosa di dalam pikiran, perkataan, perbuatan ataupun dosa yang diakibatkan dikarenakan kelalaian
Bobot Dosa






Macam Macam Dosa
Dosa yang dilaksanakan oleh manusia pun ada beraneka macam. Dosa dapat dibagi menjadi sebagian tingkatan menurut bobot dosa yang diperbuat. Adapun bobot dosa berikut pada lain:

1. Dosa Berat
Dosa berat merupakan dosa yang melawan kasih secara segera dan juga menghancurkan kasih itu sendiri agar Tuhan tidak ulang dapat bertahta di di dalam hati manusia. Suatu dosa dapat dikategorikan sebagai dosa berat kalau mencukupi sebagian syarat-syarat berikut ini.



Pelanggaran pada 10 Perintah Allah
Dilakukan dengan kesadaran penuh dan jelas kalau apa yang diperbuat adalah dosa.
Dilakukan atas persetujuan yang telah dipertimbangkan sebelumnya.




2. Dosa ringan
Dosa mudah adalah suatu perbuatan yang membiarkan kasih itu selamanya ada namun melakukan tindakan yang melukai dan memperlemah kasih yang ada di dalam hatinya. Dosa mudah yang dilaksanakan secara konsisten menerus pasti saja akan mempunyai seseorang jatuh ke di dalam dosa berat.



3. Dosa partisipasi
Dosa merupakan suatu tindakan khusus namun tidak menutup kemungkinan terhitung kalau dosa berikut dapat dilaksanakan secara dengan akibat wujud partisipasinya melakukan tindakan dosa dengan dengan orang lain. Dengan kata lain, seseorang akan dikatakan melakukan dosa partisipasi kalau ia melakukan pembiaran atas terjadinya dosa yang dilaksanakan oleh orang lain. Beberapa wujud dosa partisipasi pada lain:



Ikut menyita bagian di dalam dosa yang dilaksanakan oleh orang lain secara segera dan sukarela.
Membenarkan dosa yang dilaksanakan oleh orang lain.
Menutupi dan tidak membatasi dosa yang dilaksanakan oleh orang lain.
Melindungi orang lain berasal dari dosa yang telah diperbuatnya.




Hukuman Allah atas dosa yang terkandung di dalam Alkitab
Allah adalah kasih, penuh rahmat dan penuh kasih setia. Namun, Allah terhitung maha adil. Ia akan menghukum manusia yang melakukan dosa terhadapNya dan yang tidak menuruti segala perintahNya. Di di dalam Alkitab, Tuhan telah menuliskan perintahNya dan manusia mesti menaati perintah tersebut.

Namun, manusia berulang kali jatuh ke di dalam dosa dan tidak menghiraukan periintah Allah. Di di dalam Alkitab telah disebutkan bahwa Allah banyak beri tambahan hukuman kepada umat yang tidak setia kepadaNya. Berikut ini hukuman yang pernah Allah berikan kepada manusia.

1. Manusia mengalami kematian dan penderitaan
Salah satu hukuman yang Tuhan berikan kepada manusia dikarenakan manusia melakukan dosa yaitu kematian dan penderitaan. Hukuman ini pertama kali Allah berikan ketika Adam dan Hawa jatuh ke di dalam dosa. Setelah Adam dan Hawa jatuh ke di dalam dosa, ada tiga hukuman yang Allah berikan yaitu kematian rohani, kematian jasmani dan penderitaan hidup.

Kematian rohani bermakna manusia menjadi terpisah dengan Allah sebagai akibat berasal dari dosa yang telah diperbuat. Kematian jasmani bermakna manusia akan mengalami kematian fisik dan ulang ulang kepada Allah. Penderitaan hidup yang Allah berikan sebagai akibat berasal dari dosa terhitung akan dirasakan manusia sepanjang hidupnya.



2. Air bah yang melanda semua bumi
Hukuman selanjutnya yang Allah berikan kepada manusia sebagai akibat berasal dari dosa yang dilaksanakan yaitu air bah yang melanda semua bumi. Alkitab mengatakan bahwa Tuhan turunkan air bah ke atas bumi dikarenakan manusia jadi jahat di mana hati manusia cuma cenderung untuk melakukan perbuatan jahat yang tidak senang di hadapan Allah. Karena kecewa yang dirasakan Allah maka Allah memusnahkan semua manusia beserta semua isinya dengan air bah.



3. Pembangunan menara Bebl yang digagalkan
Setelah hukuman berbentuk air bah, ternyata manusia konsisten melakukan perbuatan dosa. Salah satu perbuatan dosa yang dilaksanakan oleh manusia yaitu etika manusia membentuk menara babel yang tingginya menggapai langit seakan-akan manusia menghendaki menyamai Allah. Hal ini dipandang sebagai suatu dosa besar agar Allah menggagalkan pembangunan menara Babel dan menyerakkan semua manusia.



4. Sodom dan Gomora dimusnahkan
Sodom dan Gomora merupakan dua kota yang populer dikarenakan dosa mereka di hadapan Allah. Karena itu Allah menghukum manusia yang ada disana dengan memusnahkan Sodom dan Gomora.



5. Tulah kepada bangsa Mesir
Salah satu hukuman yang Allah berikan adalah dengan mendatangkan tulah ke atas bangsa Mesir. Ada 10 tulah yang Allah berikan. Tulah yang Allah berikan sudah pasti menghendaki menyebabkan bangsa Mesir jelas dan membiarkan bangsa Israel berasal dari perbudakan.



6. Sebagian besar orang Israel tidak masuk ke Tanah Terjanji
Tuhan menampik sebagian besar orang Israel dikarenakan kala di padang gurun mereka memberontak kepada Allah. Akhirnya Allah menjadi murka dan membunuh orang-orang yang memberontak kepadaNya.

Hukuman Allah pada manusia yang melakukan dosa pada kala ini

Karena Allah itu adil, pasti saja sampai kala ini Allah akan beri tambahan hukuman bagi umat yang tidak setia kepadaNya. Ia mengadili tiap tiap orang yang ada di bumi ini dengan adil. Adapun hukuman yang akan Allah berikan sebagai akibat berasal dari dosa yang dilaksanakan oleh manusia yaitu.



Kehilangan kasih Allah
Tidak memperoleh keselamatan
Jauh berasal dari penyertaan Allah
Kembali hidup di di dalam dosa
Hilangnya berkat Allah




Manusia adalah makhluk berdoa. Manusia seringkali hidup dengan tidak seturut dengan kehendak Allah. Karena dosa inilah, manusia menjadi jauh berasal dari Allah. Karena Allah itu adil, maka Ia akan beri tambahan hukuman kepada manusia atas tiap tiap dosa yang telah diperbuatnya dan manusia mesti mempertanggungjawabkan dosa itu. Demikianlah artikel mengenai hukuman berasal dari Allah. Kiranya artikel ini dapat menjadi berkat bagi kami semua.

https://images.google.co.ao/url?q=https://www.yukampus.com
https://images.google.co.ug/url?q=https://www.yukampus.com
https://images.google.co.zw/url?q=https://www.yukampus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar