Selasa, 22 September 2020

7 Makna Paskah Bagi Umat Kristen dan Kisah Kebangkitan Kristus


Paskah atau didalam bahasa Inggrisnya Passover berasal dari bahasa Ibrani yaitu Pesah dan bahasa Yunani yaitu Paskha. Paskah merupakan salah satu perayaan terpenting didalam tahun gerejawi Kristen dikarenakan Paskah sendiri memiliki tujuan untuk merayakan kebangkitan Kristus dari kematian.

Bagi umat Kristiani, Paskah persis dengan Yesus, yang oleh Paulus disebut sebagai anak domba Paskah. Ini menyangkut kepercayaan umat Kristen tentang kematian Yesus dan terhadap hari yang ketiga bagkit dari antara orang mati. Paskah merupakan momen paling sakral didalam hidup Yesus.



Paskah dan Kebangkitan Kristus
paskah

capcana.com



Kitab Suci sendiri menghubungkan kata Paskah dengan akar kata Psh yang artinya timpang atau melangkahi atau melewati. Kata itu bertujuan dengan momen saat Allah menyelamatkan dan lewat anak-anak sulung bangsa Israel ketik Ia membinasakan seluruh anak sulung di Mesir. Sebelum itu, Allah menyuruh bangsa Israel menyembelih seekor domba atau kambing lantas memercikkan darahnya ke kusen pintu mereka. Allah akan lihat tanda ini dan lewat tempat tinggal umat Israel agar anak sulung mereka jadi selamat.



Namun tersedia teori lain yang menghubungkan kata Pesah dengan kata Akkadian atau Pashahu yang artinya mendamaikan atau menenangkan dikarenakan kebangkitan Kristus dari antara orang mati sudah mendamaikan manusia dari dosa. Selain itu, tersedia teori modern yang menghubungkan Pesah dengan bahasa Mesir yang kalau diartikan mempunyai arti sebuah pukulan. Arti ini pertanda bagaimana bangsa Mesir seolah dipukul Allah dengan tulah yang mematikan.



Di luar dari asal usul kata Paskah sendiri, Paskah awalannya dirayakan oleh para gembala dengan mengurbankan hewan muda mereka dengan harapan hewan gembalaan mereka sanggup tumbuh dengan subur. Perayaan ini sesudah itu merasa digabungkan dengan perayaan lain yaitu perayaan Roti Tak Beragi.



Perayaan Roti Tak Beragi merupakan sebuah perayaan pertanian yang merasa dirayakan oleh bangsa Israel sehabis mereka berdiam di tanah Kanaan. Perayaan Roti Tak Beragi biasanya dirayakan sepanjang satu minggu yaitu merasa dari Sabat hari ini sampai Sabat minggu selanjutnya.

Pada saat ini, Paskah selamanya dirayakan tiap-tiap tahunnya dengan tanggal yang berubah-ubah agar didalam Kekristenan disebut dengan perayaan yang berpindah. Hal ini dikarenakan perayaan Paskah disesuaikan dengan hari spesifik terutama hari Minggu, bukan dikarenakan tanggal spesifik di didalam kalender lain.



Awal mulainya Kekristenan merayakan Paskah yang tidak sama di tiap tahunnya. Kekristenan ritus Barat merayakan Paskah antara akhir bulan Maret sampai akhir bulan April. Kekristenan ritus Timur merayakan Paskah awal bulan April sampai awal bulan Mei tiap-tiap tahunnya bergantung siklus bulan. Selama ratusan tahun gereja-gereja tidak capai suatu kesepakatan tentang perayaan Paskah ini. Namun terhadap saat ini, gereja-gereja sudah capai kesepakatan dan menerima perhitungan Gereja Aleksandria yang sekarang disebut sebagai Gereja Koptik yang memilih bahwa hari Paskah jatuh terhadap hari Minggu pertama sehabis Bulan Purnama Paskah, yaitu bulan purnama pertama yang hari keempat belasnya.



Paskah dan Gereja
makna paskah bagi umat katolik

lovethispic.com



Paskah meruakan perayaan tertua di didalam Gereja Kristen yang merupakan penghubung antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Menurut rutinitas Gereja Sinoptik, Paskah menunjuk terhadap Perjamuan Kudus, yang didasari dari perjamuan malam yang merupakan perjamuan perpisahan antara Yesus dan murid-muridNya.



Paskah merupakan perayaan tertua di didalam gereja Kristen, penghubung antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Paus Leo Agung (440-461) menekankan pentingnya Paskah dan menyebutnya festum festorum – perayaan dari seluruh perayaan, dan berkata bahwa Natal cuma dirayakan untuk mempersiapkan perayaan Paskah. Karenan Paskah dirayakan oleh gereja-gereja Kristen dengan terdapatnya sakramen Perjamuan Kudus maka sakramen berikut dikatakan termasuk sebagai Perjamuan Paskah Kristen atau Perjamuan Kudus Jumat Agung.



Di didalam Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru, kata Paskah disebutkan sebanyak 80 kali didalam 72 ayat saat di didalam terjemahan Alkitab Bahasa Indonesia Sehari-hari (BIS) disebutkan sebanyak 86 kali didalam 77 ayat.

kisah paskah

dayoutwiththekids.co.uk



Paskah dirayakan pertama kali oleh gereja mula-mula. Gereja semula merayakan Paskah dengan berkumpul bersama, perjamuan sederhana dan berdoa. Dalam perjalanan misinya, Paulus terus mengingatkan jemaat yang tersedia didalam gereja semula akan pentingnya momen kebangkitan Kristus dari antara orang mati dan pentingnya perkataan Yesus terhadap saat Perjamuan Malam Terakhir agar Paskah kudu terus dirayakan oleh umat kristen untuk mengenang Kristus.

Kekristenan ritus Barat dan Kekristenan ritus Timur mempunyai perayaan Paskah yang berbeda. Pada Kekristenan ritus Barat (Latin), Paskah menandai berakhirnya era Pra-Paskah di mana sepekan sebelum akan memasuki Minggu Paskah disebut sebagai Pekan Suci.



Hari pertama didalam Pekan Suci diperingati sebagai Minggu Palma yang memperingati masuknya Yesus ke kota Yerusalem dengan menaiki kedelai. Tiga hari terakhir sebelum akan Minggu Paskah disebut sebagai Kamis Putih untuk memperingati Perjamuan Malam terakhirYesus, Jumat Agung memperingati kematian Yesus di kayu salib dan Sabtu Suci untuk memperingati hari Yesus terhadap saat di kuburan. Ketiga hari berikut sesudah itu disebut sebagai Trihari suci atau Triduum Paskah.



Beda halnya dengan Kekristenan ritus Timur (Oriental). Kekristenan ini merayakan Paskah di awali dari era persiapan Paskah atau yang dikenal dengan nama era Puasa Besar dan di awali sejak Senin Bersih. Puasa Besar ini dilaksanakan sepanjang 40 hari termasuk hari Minggu. Pekan terakhir didalam era persiapan Paskah dikenal dengan Pekan Palma yang berakhir dengan hari Sabtu Lazarus. Sehari sehabis itu sesudah itu dilaksanakan Minggu Palma, Pekan Suci lantas berakhir terhadap Minggu Paskah. Pekan sehabis Minggu Paskah disebut sebagai Pekan Terang. Sedangkan era sehabis Minggu Paskah sampai Minggu Para Kudus disebut sebagai Pentakostarion.

Makna Paskah Bagi Umat Kristen
kegiatan paskah

spaclubbor.com



Paskah yang dirayakan oleh umat Kristen tiap-tiap tahunnya tentu mempunyai makna. Adapun arti Paskah bagi umat Kristen sendiri antara lain:



1. Paskah adalah penggenapan

Paskah merupakan penggenapan atas nubuat-nubuat yang tersedia di didalam Perjanjian Lama tentang Yesus yang menderita, mati dan bangkit lagi dari antara orang mati untuk menyelamatkan umat manusia dari dosa.



2. Paskah adalah pengampunan

Paskah merupakan pengampunan atas dosa-dosa manusia yang dibayar lunas dengan darahNya yang kudus. Dalam Perjanjian Lama, dosa manusia akan terbayar kalau ia mempersembahkan darah dosa. Namun, sehabis kedatangan Kristus dosa kami diselamatkan dengan darahNya.



3. Paskah adalah pemulihan

Bagi orang percaya, Paskah merupakan pemulihan interaksi antara manusia dengan Allah yang sudah rusak akibat dosa.



4. Paskah adalah jaminan

Paskah merupakan suatu jaminan bagi umat percaya agar kelak kami akan meraih hidup kekal besama Bapa di Sorga dikarenakan Allah sudah menebus dosa kami lewat kematianNya di kayu salib.



5. Paskah adalah kemenangan

Paskah merupakan kemenangan bagi orang percaya dikarenakan lewat kematian dan kebangkitan Kristus dari antara orang mati kami menang atas iblis, dosa dan kematian.



6. Paskah adalah pembebasan

Paskah merupakan pembebasan kami dari Hukum Taurat dikarenakan oleh kematian Yesus Hukum Taurat berikut sudah dibatalkan. Yang bertujuan dengan dibatalkan yaitu digenapi. Dengan kedatangan Yesus ke didalam dunia ini, Ia sudah menggenapi seluruh Hukum Taurat secara sempurna.



7. Paskah adalah kehidupan yang baru

Paskah merupakan kehidupan baru dikarenakan lewat kematian dan kebangkitan Yesus manusia akan mempunyai hidup baru yang memuliakan Allah.

Kiranya lewat kebangkitanNya dari antara orang mati kami sanggup jelas arti sebenarnya dari Paskah yang tiap-tiap tahunnya kami rayakan. Semoga artikel ini sanggup berfaedah dan menambahkan Info bagi kami semua.

https://www.royalsreview.com/users/mustafalan
https://www.talkingchop.com/users/mustafalan
https://www.clipsnation.com/users/mustafalan
https://www.libertyballers.com/users/mustafalan
https://www.pensionplanpuppets.com/users/mustafalan
https://www.managingmadrid.com/users/mustafalan
https://www.starsandstripesfc.com/users/mustafalan
https://www.progressiveboink.com/users/mustafalan
https://www.hogshaven.com/users/mustafalan
https://www.burntorangenation.com/users/mustafalan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar