Rabu, 16 September 2020

Apa itu Hukum Kasih? dan Cara Menggunakannya dengan benar


Hukum kasih atau biasa disebut sebagai hukum yang khususnya merupakan inti ajaran Yesus yang terdapat dalan 3 Injil Sinoptik yakni Matius 22:37-40, Markus 12:28-34 dan Lukas 10:25-28. Hukum ini pertama kali diungkapkan oleh Yesus saat ada orang-orang Farisi yang menghendaki mencobai Yesus.

Adapun bunyi berasal dari hukum kasih selanjutnya menurut Matius 22:37-40 adalah demikian “Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, bersama dengan segenap hatimu dan bersama dengan segenap jiwamu dan bersama dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang khususnya dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang serupa bersama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Pada ke dua hukum inilah terkait semua hukum Taurat dan kitab para nabi.”



Hukum Kasih
Apa itu Hukum Kasih? dan Cara Menggunakannya bersama dengan benar

bible.com



Dari apa yang diungkapkan Yesus ini, kita pastinya mesti bisa mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama. Kasih sendiri merupakan keputusan atau bisa terhitung dikatakan sebagai Undang-undang Dasar Kerajaan Allah gara-gara di dalam keimanan Kristiani, kasih sendiri merupakan hukum yang pertama dan yang terutama.



Hukum kasih yang pertama sendiri bicara bahwa kita mesti mengasihi Allah. Kasih yang kita memberikan kepada Allah pastinya bukan sekadar kasih yang mendalam kepada spesial Allah melainkan sebuah perintah kesetiaan. Dalam 10 perintah Allah di dalam perintah 1 sampai 4 kita bisa menemukan perintah untuk mengasihi dan setia kepada Allah gara-gara di dalam perintah selanjutnya menyesuaikan hubungan manusia bersama dengan Tuhan.



Hukum kasih yang ke dua yakni hukum sehingga manusia bisa mengasihi sesama. Kasih yang diberikan kepada sesama terhitung pastinya mesti kasih yang tulus tanpa paksaan gara-gara Allah pun telah mengasihi manusia bersama dengan tulus. Allah menciptakan manusia bersama dengan harapan manusia bisa saling mengasihi gara-gara tanpa kasih manusia tidak dapat beroleh keselamatan.



Berbicara perihal kasih sungguh tidak ada habisnya gara-gara manusia hidup gara-gara kasih itu sendiri. Kasih merupakan basic hidup bagi manusia dan manusia miliki tugas atau kodrat untuk saling mengasihi. Allah menciptakan manusia bersama dengan kodrat seperti ini gara-gara kasih itu yang justru dapat membawa kita kepada kebahagiaan di di dalam kasih kepada Tuhan. Sejatinya, bukan uang, kehormatan, kekuasaan, kesenangan maupun kebajikan yang bisa membawa kebahagiaan bagi manusia. Namun yang bisa membawa kebahagiaan cuman kasih itu sendiri.

Selain membawa kebahagiaan, Tuhan menciptakan manusia bersama dengan kodrat untuk saling mengasihi gara-gara tanpa kasih maka manusia tidak dapat beroleh keselamatan. Ini pastinya tertera di dalam 1 Yohanes 3:14 di mana Yohanes menyebutkan terkecuali manusia tidak saling mengasihi maka manusia itu dapat tetap berada di dalam maut.



Kita bisa belajar berasal dari kasih yang Tuhan Yesus memberikan kepada kita. Karena Dia begitu mengasihi kita, Ia sampai rela mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia. Bukankah tidak ada kasih yang lebih besar dibandingkan kasih seorang yang mengorbankan nyawanya bagi sahabatnya? Ya, Tuhan saja rela mengasihi kita manusia yang berdosa ini, lalu apa alasan kita untuk tidak mengasihiNya dan tidak mengasihi sesama?



Dalam hukum kasih yang pertama dikatakan bahwa kita mesti mengasihi Tuhan Allah kita bersama dengan segenap hati, bersama dengan segenap jiwa dan bersama dengan segenap akal budi. Ini artinya kita diajak untuk mengasihiNya bersama dengan keseluruhan diri kita dan memasang Tuhan lebih utama berasal dari segala suatu hal yang ada di dunia ini. Bagaimanapun keadaan atau keadaan kita pada waktu ini, Ia berharap sehingga kita mengasihiNya lebih berasal dari apapun.



Salah satu bukti kita telah mengasihi Allah adalah bersama dengan menuruti segala perintah Tuhan yang tertera di di dalam Alkitab. Kita bisa mengasihi Allah bersama dengan keseluruhan diri kita gara-gara Ia telah beri tambahan rahmatNya bagi kita semua. Dengan rahmat yang Tuhan curahkan kepada manusia, pastinya manusia dapat dimampukan untuk mengasihi Tuhan dan setelah itu manusia bisa mengasihi sesamanya.



Mengasihi sesama kadang-kadang snagat sulit untuk ditunaikan oleh manusia. Terkadang manusia cuma mengasihi orang yang mengasihinya dan justru membenci orang yang tidak mengasihinya. Namun, saat manusia telah mengasihi Tuhan Allah bersama dengan semua hidupnya, tentu Ia terhitung dapat dimampukan untuk mengasihi sesama. Sebab mengasihi sesama merupakan cerminan diri berasal dari mengasihi Allah.

Tiga Tingkat Kesempurnaan Kasih
Ada tiga tingkatan kasih yang mesti kita ketahui. Adapun tiga tingkatan kasih selanjutnya pada lain:

1. Tingkatan pemula (beginners atau purgative)

Pada tingkatan ini, seseorang dapat mengusahakan untuk menghindari dosa gara-gara ia paham bahwa saat ia melaksanakan kelakuan dosa maka ia dapat menghancurkan kasih yang telah Allah memberikan kepada dirinya.



2. Tahap ke dua (Illuminative Way)

Pada step ini, seseorang dapat fokus bagaimana caranya ia bisa bertumbuh di dalam kebaikan gara-gara ia telah berhasil menghindar berasal dari disa yang mengikatnya. Dalam step ini, seseorang dapat melaksanakan tindakan demi memuliakan nama Tuhan. Tindakan yang ditunaikan adalah tindakan yang rela di hadapan Tuhan. Ia terhitung paham bahwa ia dapat bertumbuh di di dalam kasih bersama dengan cara mengasihi.



3. Tahap prima (Univitive Way or Heroic Love)

Dalam step ini, seseorang dapat secara aktif menghalau apa yang tidak prima di dalam dirinya (perbuatan dosa) sehingga selurruh hati, anggapan dan akal budinya ditujukan untuk mengasyikkan hati Tuhan. Pada step ini, seseorang dapat miliki iman yang kokoh gara-gara hidupnya berfokus pada Allah. Ia bisa untuk mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama.

Tiga tingkatan kasih yang telah disebutkan di atas terhitung terjalin bersama dengan kasih pada sesama. Dalam tingkatan awal, seseorang dapat mengasihi orang-orang yang ia kenal pastinya tanpa mesti meniadakan orang lain. Pada tingkatan kedua, seseorang bisa mengasihi orang yang tidak dikenalnya. Dan pada tingkatan terakhir atau tingkat kesempurnaan, seseorang dapat bisa untuk mengasihi musuh-musuhnya.

Cara mengfungsikan dan menerapkan Hukum Kasih
Hukum Kasih yang telah Allah memberikan kepada umat manusia pastinya mesti kita jalakan dan menerapkannya di dalam kehidupan kita. Adapun sikap yang bisa kita melaksanakan untuk menerapkan hukum kasih itu yakni dengan:



1. Diwali bersama dengan mengasihi Tuhan lebih berasal dari apa pun yang ada di dunia ini

Hal yang mesti kita melaksanakan khususnya dahulu adalah bersama dengan mengasihi Tuhan lebih berasal dari apa pun bahkan lebih berasal dari orang tua mapun orang yang kita kasihi di dunia ini. Mengasihi Allah lebih berasal dari apa pun artinya beri tambahan semua hati kita kepadaNya. Mengasihi Allah artinya kita rela membangun hubungan yang dekat denganNya. Hubungan itu bisa dibangun bersama dengan berdoa serta membaca dan merenungkan FirmanNya.



2. Diimpilkasikan bersama dengan mengasihi sesama

Setelah kita telah mengasihi Tuhan lebih berasal dari apa pun, hal yang selanjutkan kita melaksanakan adalah mengasihi sesama tanpa terkecuali. Mengasihi sesama merupakan bukti bahwa kita telah mengaihsi Allah. Dengan mengasihi sesama kita terhitung telah menunjukan kasih yang Tuhan memberikan kepada kita.



3. Dimulai berasal dari hal kecil

Hal yang mesti diingat yakni apa pun yang kita melaksanakan mesti di mulai berasal dari yang kecil khususnya dahulu. Bagaimana bisa kita melaksanakan hal yang besar terkecuali hal kecil saja tidak bisa kita lakukan? Hal kecil selanjutnya bisa di mulai bersama dengan mengasihi orang yang kita kenal khususnya dahulu. Setelah itu kita baru bisa mengasihi orang yang tidak kita kenal bahkan kita bisa mengasihi musuh kita.

Hukum Kasih merupakan hukum yang pertama dan yang khususnya yang Allah memberikan kepada manusia. Terdapat dua poin perlu di dalam hukum kasih yakni mengasihi Tuhan dan mengasihi sesama. Kiranya Tuhan memampukan kita untuk terus saling mengasihi. Semoga artikel ini bisa menjadi berkat bagi kita semua.

https://www.bcinterruption.com/users/mustafalan
https://www.blogabull.com/users/mustafalan
https://www.dukebasketballreport.com/users/mustafalan
https://www.draysbay.com/users/mustafalan
https://www.boltsfromtheblue.com/users/mustafalan
https://www.thegoodphight.com/users/mustafalan
https://www.crawfishboxes.com/users/mustafalan
https://www.swishappeal.com/users/mustafalan
https://www.catscratchreader.com/users/mustafalan
https://www.bruinsnation.com/users/mustafalan
https://www.azdesertswarm.com/users/mustafalan

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar