Selasa, 10 November 2020

Karena Kita Telah Ditebus Percayalah 1 Petrus 1:13-25


RENUNGAN HARIAN



Karena Kita Telah Ditebus
Bacaan: 1 Petrus 1:13-25



"Sebab anda tahu, bahwa anda sudah ditebus dari cara hidupmu yang percuma yang anda warisi dari nenek moyangmu itu bukan bersama barang yang fana, bukan pula bersama perak atau emas, melainkan bersama darah yang mahal, yakni darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat."

1 Petrus 1:18-19



Setiap kami yang hidup di bumi ini tentu dulu melaksanakan kesalahan karena tidak tersedia seorang pun manusia yang sanggup luput dari dosa. Baik itu dosa dalam pikiran, perkataan maupun perbuatan. Ketika kami melaksanakan suatu kesalahan atau tindakan yang tidak rela di hadapanNya baik secara sengaja maupun tidak disengaja bermakna kami sudah melaksanakan tingkah laku dosa. Dosa yang kami melaksanakan tanpa kami mengerti justru sanggup menyakiti diri sendiri, orang lain bahkan Tuhan.



via achristianpilgrim.wordpress.com



Karena dosa yang sudah diperbuat manusia, hubungan manusia bersama Allah jadi rusak bahkan banyak manusia kehilangan kasih Allah karena upah dosa ialah maut. Namun, karena kasihNya, Ia tidak menghendaki kami jatuh ke dalam maut agar Ia mengimbuhkan anakNya yang tunggal untuk mati di kayu salib agar dosa kami sanggup ditebus olehNya.



Dosa kami sudah ditebus olehNya bukan bersama barang fana maupun emas dan perak tetapi oleh darah yang mahal yang tiada noda dan cacat. Ia membayar bersama harga yang mahal agar kami tidak jatuh ke dalam maut agar kami sanggup hidup bersama denganNya. Karena kami sudah ditebus olehNya banyak perihal yang wajib kami mengerti dan kami melaksanakan dalam hidup kami seperti:

1. Hidup kudus di hadapanNya
Salah satu bukti bahwa kami sudah ditebus olehnya yakni bersama hidup kudus di hadapanNya. 1 Petrus 1:14-15 "Hiduplah sebagai anak-anak yang taat dan jangan turuti hawa nafsu yang menguasai anda pada kala kebodohanmu, tetapi hendaklah anda jadi kudus di dalam semua hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang sudah memanggil kamu,"

Cara agar hidup kami kudus dihadapanNya yakni bersama hidup taat seturut bersama kehendakNya. Mintalah hikmat dan bimbingan dari padaNya agar kami tahu mana yang boleh ditunaikan dan tidak boleh ditunaikan dan juga manakah sikap dan tingkah laku kami yang rela di hadapanNya.

2. Takut bakal Allah
1 Petrus 1:17 "Dan terkecuali anda menyebut-Nya Bapa, yakni Dia yang tanpa lihat wajah menghakimi semua orang menurut perbuatannya, maka hendaklah anda hidup dalam kegelisahan selama anda menumpang di dunia ini." Ketika kami memiliki sikap risau bakal Allah maka kami tidak bakal jatuh ke dalam dosa karena kami bakal mendengar apa yang Ia menghendaki dalam kehidupan kita.



3. Mengasihi sesama
Dalam 1 Petrus 1:22 disebutkan bahwa salah satu bukti kami sudah ditebus olehNya yakni bersama mengamalkan kasih persaudaraan bersama mengasihi sesama bersama swgenap hati. Mengasihi sesama wajib kami menunjukkan melalui sikap dan tingkah laku kami tidak cuma terucap dari bibir saja.



4. Menjadi manusia baru
Hal terakhir yang wajib ditunaikan karena kami sudah ditebus oleh darahNya yang kudus yakni bersama jadi manusia baru. Ketika kami sudah ditebusNya, kami tidak kembali hidup dari benih yang fana melainkan dari benih yang tidak fana oleh Firman Allah yang hidup dan kekal.



Karena dosa kami sudah ditebus olehNya bersama darah yang mahal, marilah kami hidup seturut bersama kehendakNya agar kami sanggup tetap beroleh kasihNya. Karena pada kala ini kami merupakan manusia baru yang hidup oleh karena Firman Allah marilah kami hidup bersama mengimbuhkan kasih dan berkat bagi sesama. Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar