Minggu, 25 Oktober 2020

Apa itu Perpuluhan? Kenapa sangat Penting


Perpuluhan atau persepuluhan merupakan berkat yang wajib kita kembalikan lagi kepada Tuhan sebesar 10% berasal dari apa yang kita dapatkan. Pada mulanya perpuluhan diajarkan kepada bangsa Israel. Konsep perpuluhan sendiri terdapat di dalam Perjanjian Lama. Dalam Perjanjian Lama disebutkan bahwa perpuluhan merupakan ketentuan Hukum Taurat dimana tiap tiap orang Israel diwajibkan untuk memberi 10% berasal dari apa yang mereka peroleh untuk Tebernakel atau Bait Suci. Ayar tentang perpuluhan ini dijelaskan dalam Imamat 27:30; Bilangan 18:26; Ulangan 14:24 serta 2 Tawarikh 31:5.

Perpuluhan

via medium.com



Pada kala itu, banyak di antara orang Israel yang berpikiran bahwa perpuluhan yang diterapkan dalam Perjanjian Lama dikatakan sebagai pajak untuk mencukupi keperluan para imam dan orang-orang Lewi dalam sistim korban persembahan yang diberikan untuk Allah. Berbeda halnya dengan rancangan perpuluhan yang diterapkan dalam Perjanjian Baru.



Dalam Perjanjian Baru, tidak tersedia perintah yang ditujukan kepada orang Kristen untuk tunduk terhadap sistem perpuluhan sebesar 10% layaknya yang tercantum dalam Perjanjian Lama. Ajaran Paulus tentang perpuluhan hanya menyatakan bahwa orang-orang percaya semestinya menyisihkan beberapa berasal dari penghasilan mereka yang digunakan untuk menunjang kesibukan gereja. Ini tercantum dalam 1 Korintus 16:1-2.



Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, Perjanjian Baru tidak menentukan persentase penghasilan yang wajib disisihkan namun disana hanya tercantum untuk memberikan cocok dengan apa yang kita peroleh yang tentunya wajib diberikan dengan kerelaan hati sehingga berkatNya yang melimpah dapat tercurah ke atas kita.



Pada kala ini, Gereja Kristen menerapkan perpuluhan yang diterapkan dalam Perjanjian Lama yaitu dalam persentase 10% dan menerapkannya sebagai petunjuk minimum yang wajib diberikan kala persembahan. Meski demikian, kita tidak wajib terasa diwajibkan untuk memberi perpuluhan. Sebaiknya orang Kristen memberi perpuluhan itu cocok dengan apa yang dirasa bisa dan wajib memberikannya dengan kesungguhan hati dan penuh senang cita.

Dalam 2 Korintus 9:7 telah amat paham disebutkan bahwa kita wajib memberikan perpuluhan atau persembahan ke hadirat Tuhan menurut kerelaan hati dan jangan dengan sedih hati atau sebab paksaan sebab Ia mengasihi orang yang memberikannya dengan sukacita.



Penggunaan Uang Perpuluhan Oleh Gereja
Perpuluhan umumnya diserahkan atau diberikan tiap tiap sebulan sekali kepada Gereja. Besarnya perpuluhan yang diberikan terkait berasal dari apa yang diperoleh. Biasanya perpuluhan yang diberikan kepada Gereja sebesar 10% berasal dari total pendapatan. Perpuluhan yang kita serahkan kepada gereja tentunya dipakai gereja untuk banyak tujuan. Beberapa tujuan selanjutnya antara lain:



Membangun, merenovasi serta merawat bait suci, gedung ibadah atau pun bangunan lainnya yang tersedia di dalam gereja. Uang perpuluhan itu termasuk bisa digunakan untuk meningkatkan fasilitas yang bisa menunjang kesibukan gereja.
Menyediakan dana untuk melaksanakan program kesibukan gereja layaknya program untuk mengabarkan Injil dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan unit yang tersedia dalam gereja.
Menyediakan dana pengoperasian untuk menunjang lokasi atau[un lingkungan yang tersedia di sekitar gereja.
Membantu program misionaris atau pelayan Tuhan yang sedang bertugas untuk mewartakan Injil atau sedang menempuh pendidikan.
Mendidik kaum muda yang tersedia di Gereja layaknya program pelatihan musik dan sebagainya.
Mencetak dan mendistribusikan bahan ajarGereja kepada jemaat.
Membantu keluarga yang membutuhkan.
Membantu pekerjaan bait suci.




Prinsip dan Pentingnya Perpuluhan
Dengan memberikan perpuluhan bermakna kita mengembalikan berkat yang kita peroleh kepada Tuhan. Hal yang wajib diingat dan dimengerti disini bahwa mengembalikan tidaklah mirip dengan memberikan. Jika kita wajib mengembalikan apa yang kita peroleh kita termasuk wajib paham bahwa semua berkat yang kita menerima merupakan permberian berasal dari Allah..

Sangat perlu bagi kita untuk memberikan perpuluhan itu sebab melalui perpuluhan yang kita beri, kita bisa menunjang pembangunan gereja Tuhan dan bisa jadi berkat untuk tiap tiap layanan yang ditunaikan oleh gereja



Jika terhadap kala ini di dalam benakmu terlihat pertanyaan “apakah Tuhan perlu uang kita?” bagaimana kamu dapat mencari jawaban atas pertanyaan itu? Sebenarnya Tuhan tidak perlu uang kita sebab Ia adalah Allah yang kaya sehingga untuk apa uang yang kita memiliki Ia menggunakan terkecuali Ia adalah Allah yang kaya? Tuhan hanya mendambakan melihat bagaimana kerelaan hati kita untuk mengembalikan berkat yang telah Ia berikan untuk memperluas kerajaan Tuhan di bumi.



Masih banyak di antara kita yang masih bermegah diri dan menyombongkan diri sebab perpuluhan yang kita berikan besar jumlahnya. Kita wajib ingat bahwa Tuhan tidak dulu kekurangan, terkecuali kita tidak memberikan perpuluhan pun gerejaNya tidak dapat mati. Oleh sebab itu janganlah kita jadi teristimewa yang sombong. Namun selalu rendah hatilah kala kita memberikan perpuluhan sebab Ia dapat memberkati umatNya yang memberikan perpuluhan itu dengan kerelaan dan ketulusan hati.



Pada kala ini prinsip perpuluhan yaitu memberikan 10% yang kita peroleh kepadaNya sehingga Ia merawat 90% yang kita miliki. Ketika kita memberika perpuluhan dengan ketulusan hati, bukanlah sesuatu yang tidak mungkin bagiNya untuk memberkati kita melebihi 90% yang kita terima. Namun, janganlah kita hitung-hitungan dengan Tuhan. Jangan hingga kala kita telah memberikan perpuluhan justru kita langsung menuntut Tuhan sehingga Ia memberkati dan mengembalikan apa yang telah diberi.



Pada kala ini banyak yang mengeluhkan tentang prinsip perpuluhan ini. Salah satu hal yang sering dikeluhkan yaitu terkecuali gaji yang dimilikinya kecil. Saat disuruh untuk memberikan perpuluhan justru terlihat pertanyaan layaknya ini “gaji saya kan kecil, jaman wajib selalu memberikan perpuluhan? Nanti bagaimana saya bisa makan?” Tidak hanya hingga disana, orang yang memiliki gaji besar pun kadang kala mengeluhkan prinsip perpuluhan ini terlebih terkecuali perpuluhan yang ia hars berikan tidaklah sedikit.



Hal yang wajib ditanamkan dalam hati teristimewa kita tiap-tiap yaitu seberapa pun besar berkat yang telah Tuhan berikan kepada kita, tetaplah tiap tiap dalam memberikan persepuluhan dan buuktikanlah bagaimana Tuhan mencurahkan berkatNya kala kita setia memberikan perpuluhan kepadaNya. Baik besar apalagi kecil perpuluhan yang kita berikan kepadaNya itu tidaklah jadi persoalan kala apa yang kita berikan senang di hadapanNya.



Berkat Dari Perpuluhan
Saat kita memberikan perpuluhan, Tuhan berjanji dapat memberkati kita sewaktu kita setia membayar perpuluhan tersebut. Dalam Maleakhi 3:10 Tuhan berfirman bahwa kita wajib membawa semua persembahan perpuluhan itu ke dalam baitNya untuk memperluas pekerjaanNya. Saat kita memberikan perpuluhan itu dengan segala kerelaan hati, maka Tuhan dapat mencurahkan berkat yang melimpah ke atas kita.



Berbicara tentang berkat yang Tuhan berikan pasti tidak tersedia habisnya sebab Tuhan dapat meberikan sesuatu yang tidak ternilai harganya. Berkat yang kita menerima tentunya tidak secara materi saja namun termasuk secara rohani. Jika kita memberinya dengan sukarela pasti Bapa di Sorga dapat menunjang dan menyediakan segala apa yang kita perlukan terasa berasal dari makanan, busana apalagi daerah untuk berlindung.



Perpuluhan amat perlu untuk kita melaksanakan sebab dengan memberikan perpuluhan kita paham bahwa berkat yang kita memiliki berasal berasal dari Allah dan wajib dikembalikan lagi kepadaNya.Perpuluhan yang kita berikan kepadaNya haruslah diberikan dengan kerelaan dan ketulusan hati sebab Ia dapat mencurahkan berkat yang melimpah kepada orang-orang yang memberi dengan kerelaan hati. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan memberikan informasi bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar