Sabtu, 10 Oktober 2020

Cara Agar Kita Disertai Roh Kudus


Roh Kudus merupakan kuasa Allah yang bekerja di didalam diri tiap-tiap umatNya. Roh Kudus yang dikirimkan Allah ke didalam diri manusia bakal memampukan manusia untuk hidup seturut bersama dengan kehendakNya.



Penyertaan Roh Kudus



Kata Roh yang terkandung di didalam Alkitab diterjemahkan berasal dari bahasa Ibrani ru’akh dan kata Yunani pneu’ma. Roh Kudus yang bertujuan di didalam Alkitab memiliki arti sebagai nafas, angin, penggerak kehidupan, sikap atau sifat seseorang, pribadi Roh terhitung Allah dan malaikat. Hal-hal yang udah disebutkan itu memiliki kemiripan yakni sebagai sesuatu yang tidak terlihat dan dapat menghasilkan sesuatu yang nampak oleh mata manusia.

Roh Kudus

hearthymn.com



Di didalam Alkitab, Roh Kudus terhitung disebut sebagai tangan atau jari Allah. Hal ini mirip layaknya seorang pengrajin yang mengfungsikan tangan dan jarinya untuk bekerja dan menghasilkan sesuatu yang indah. Roh Kudus pun demikian. Allah mengfungsikan Roh KudusNya untuk menghasilkan alam semesta, Alkitab dan juga mukjizat.



Ketika Allah mengirimkan Roh Kudus kepada manusia yang pertama kali dijalankan pada hari Pentakosta, terkandung sebagian hal mutlak yang dinyatakan. Ada pun hal mutlak berikut antara lain:

1. Roh Kudus bakal menyertai selama-lamanya

Roh Kudus yang dikirimkan kepada kita bakal menyertai kita selama-lamanya. Makna selama-lamanya artinya bukan cuma waktu ini tetapi selama-lamanya memiliki kandungan arti “kekal” yang artinya setelah meninggal pun Roh Kudus bakal menyertai kita. Roh Kudus yang enyertai kita berupa kekal gara-gara Roh Kudus bukanlah sesuatu yang bernyawa layaknya manusia tetapi Roh Kudus merupakan “sesuatu” yang nampak berasal dari Bapa dan diutus oleh Allah untuk mendampingi manusia.



2. Roh Kudus tinggal di didalam diri kita



Roh Kudus bukan cuma sesekali datang dan datang ke didalam diri kita tetapi justru Ia tinggal di didalam diri kita. Ia tersedia di didalam diri tiap-tiap orang yang udah lahir baru dan menerima Kristus sebgai Tuhan dan Juruselamat pribadi. Karena Roh Kudus tinggal di didalam diri kita, Ia menyadari tiap-tiap perkataan maupun tindakan yang kita perbuat. Ia apalagi menyadari ketka kita sedang tersedia di didalam kesulitan, kesedihan, kesepian dan perasaan yang tersedia didalam diri kita. Jika kita berbuat dosa atau jalankan tindakan yang tidak diharapkan oleh Allah, Ia bakal mulai sedih.



Roh Kudus tinggal di didalam diri kita bukanlah tanpa sebab. Ia dikirimkan oleh Allah untuk menuntun tiap-tiap cara kehidupan kita. Roh Kudus bakal menuntun dan memampukan kita untuk hidup seturut bersama dengan Allah. Ia bakal memperingatkan kita kalau tingkah laku yang bakal kita jalankan merupakan tingkah laku yang tidak baik. Ia terhitung bakal menghibur kita saat kita sedang sedang dan menolong kita kalau kita sedang didalam kesulitan.



3. Roh Kudus cuma memimpin anak-anak Allah



Di didalam Roma 8:14-16 dikatakan bahwa Allah bakal memimpin orang yang merupakan anak-anakNya. Roh Kudus yang dikirimkan oleh Allah pun demikian. Ia ahanya bakal memimpin hidup anak-anak Allah saja. Oleh gara-gara itu, sebagai anak-anak Allah pastinya hidup kita udah dipimpin oleh Roh Kudus.



4. Roh Kudus menyebabkan kita berbeda

Tanpa kita sadari, penyertaan Roh Kudus yang tersedia di didalam diri kita menyebabkan kita tidak sama berasal dari yang lain. Kita menjadi tidak sama gara-gara kita tidak mirip bersama dengan dunia ini lagi. PenyertaanNya menyebabkan saya dan saudara tidak sama bersama dengan yang lainnya.



5. Roh Kudus mengidamkan berdaulat atas kita



Roh Kudus yang tersedia di didalam diri kita bakal selamanya memimpin kehidupan kita. Dimana Allah tersedia maka disitu pula kuasa Allah bakal berdaulat. Begitu pun bersama dengan Roh Kudus. Ketika Roh Kuds datang di didalam hidup kita, biarlah Ia berdaulat atas hidup kita. Roh Kudus bukanlah pembantu melainkan Allah itu sendiri. Roh Kudus tidak dapat kitar atur keberadaannya dan tidak dapat kita “pergunakan” begitu saja. Oleh gara-gara itu, biarlah Roh Kudus memimpin kehidupan kita dan biarlah Ia yang berdaulat atas hidup kita.



Cara Agar Kita Disertai Oleh Roh Kudus



Ada bebrbagai cara yang dapat kita jalankan sehingga hidup kita dipenuhi oleh Roh Kudus. Ada yang menjelaskan hidup kita bakal dipenuhi Roh Kudus saat saat bertobat dan ulang ke jalanNya yang benar. Ada pula yang menjelaskan bahwa kita bakal disertai oleh Roh Kudus saat kita percaya kepadaNya. Ada pula yang menjelaskan bahwa seseorang  bakal disertai oleh Roh Kudus pada waktu ia mengalami moment khusus didalam kehidupannya layaknya pada waktu pembabtisan. Lalu bagaimana kita dapat selamanya disertai oleh Roh Kudus? Ada bebebrapa cara yang dapat dilakukan, adalah bersama dengan membangun Iman. Membangun iman artinya kamu terhubung pikiran, hatii dan pendengaran sehingga kamu bakal mendapatkan jawaban atas apa yang kamu acuhkan dan tersedia di didalam hati anda. Berikut ini merupakan cara yang dapay dilakukan:



1. Membuka pikiran



Membangun Iman artinya terhubung anggapan kamu pada apa yang tersedia di lebih kurang anda. Jika kamu mengidamkan disertai oleh Roh Kudus, kamu perlu mengakui bahwa masih banyak yang perlu dipelajari dan dilakukan. Membuka anggapan bakal menyebabkan kamu menerima segala kemungkinan. Kemungkinan yang berlangsung itu dapat membangun iman kamu kepadaNya sehingga jadi iman kamu bertumbuh makan Roh Kudus bakal selamanya berkenan menyertai saudara.



2. Membuka hati



Membuka hati artinya kamu meu menerima Kedatangan Roh Kudus di didalam hidup anda. Anda tidak bakal dapat sesuaikan Allah sehingga Ia membentuk diri anda, tetapi pastinya Ia dapat menunjukan caranya kepada Anda. Oleh gara-gara itu, bukalah hati kamu sehingga Roh Kudus datang dan menyertai hidup anda. Jika kamu tetap menutup hati bagaimana dapat Ia menyertai anda?



3. Memakai akal budi yang dimiliki



Allah menambahkan akal budi kepada manusia sehingga manusia dapat menafsirkan Fiman Allah yang dibacanya. Akal budi yang tersedia di didalam diri manusia terhitung memampukan manusia untuk menentukan mana yang benar dan mana yang salah. Oleh gara-gara itu, saat orang lain berkata kalau kamu mengidamkan disertai oleh Roh Kuds, kamu perlu dapat berbahasa Roh haruskah kamu mempercayainya? Oleh gara-gara itu gunakanlah Akal budi yang dimiliki dan menghendaki hikmat kepadaNya sehingga kamu menyadari apakah kamu udah disertai oleh Roh Kudus atau belum.



4. Menemukan jawaban



Ketika kamu udah terhubung anggapan dan juga hati kamu maka kamu bakal mendapatkan jawaban atas apa yang kamu butuhkan. Hal ini bakal menyebabkan iman kamu bertumbuh dan hati kamu bakal terbuka untuk masuknya Roh Kudus. Allah udah memenuhi saya dananda bersama dengan pengetahuan dan saat pandangan kamu cuma terarah padaNya maka kamu mendapatkan apa yang sebetulnya kamu cari. Allah tidak bakal membiarkan kamu tersesat sehingga Ia mengirimkan Roh Kudus untuk menyertai hidup anda. Oleh gara-gara itu, bangunlah iman kamu sehingga kamu selamanya disertai Roh Kudus.



Roh Kudus merupakan Roh yang Allah berikan kepada tiap-tiap manusia. Roh Kudus bakal memampukan kita untuk hidup seturuh bersama dengan kehendakNya. Ia bakal tetap tersedia didalam diri anak-anak yang percaya kepada Allah. Oleh gara-gara itu, sehingga hidup kita selamanya disertai oleh Roh Kudus kita perlu membangun iman kita. Kita perlu terhubung anggapan dan juga hati, mengfungsikan akal budi yang udah Allah berikan sehingga kita mendapatkan jawabannya. Kiranya hidup kita selamanya disertai oleh Roh Kudus. Semoga artikel ini dapat berfaedah bagi kita semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar