Jumat, 10 Juli 2020

8 Makanan Haram Bagi Umat Kristen


Makanan Haram Bagi Umat Kristen. Banyak sekali pertanyaan yang seringkali keluar tidak cuma dikalangan umat Krsiten namun juga dari umat non Kristen perihal makanan apa saja yang halal atau haram untuk dikonsumsi oleh umat Kristen. Banyak sekali perbincangan akan makanan yang diharamkan dalam Kristen. Bahkan tidak sedikit pula yang menyebutkan bahwa umat Kristen tidak mengharamkan makanan supaya umat Kristen bisa memakan segala tipe makanan. Namun apakah benar demikian? Sejatinya, ada lebih dari satu makanan yang dilarang dimakan oleh orang Kristen.

Tuhan melarang makanan-makanan tersebut untuk dikonsumsi.

Adapun makanan haram bagi umat Kristen yaitu:

1. Unta

Imamat 11:4 berkata demikian “Tetapi inilah yang tidak boleh kamu makan dari yang memamah biak atau dari yang berkuku belah: unta, dikarenakan sebetulnya memamah biak, namun tidak berkuku belah; haram itu bagimu.”

2. Kelinci

Imamat 11:6 “Juga kelinci, dikarenakan sebetulnya memamah biak, namun tidak berkuku belah, haram itu bagimu.”

3. Babi Hutan

Imamat 11:7 “Demikian juga babi hutan, dikarenakan sebetulnya berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang, namun tidak memamah biak; haram itu bagimu.”

4. Binatang tidak bersirip dan bersisik

Imamat 11:10 “Tetapi segala suatu hal yang tidak bersirip atau bersisik di dalam lautan atau di dalam sungai, dari segala yang berkeriapan di dalam air dan dari segala makhluk hidup yang ada di dalam air, sepenuhnya itu kejijikan bagimu.”

Dari ayat tersebut maka binatang yang diharamkan yaitu udang, ikan patin, kepiting, cumi-cumi, ikan lele, belut dan sebagainya yang tidak bersirip dan bersisik.

5. Unggas (Jenis Burung)

Dalam Imamat 11:13-23 disebutkan bahwa tidak semua tipe unggas bisa dimakan. Unggas yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi adalah unggas yang tidak memiliki paha dikarenakan haram untuk dikonsumsi. Adapun tipe unggas yang tidak boleh dimakan antara lain burung rajawali, ering janggut, elang laut, elang merah, elang hitam, semua burung gagak menurut jenisnya, burung unta, burung hantu, camar, burung pungguk, burung dendang air, bangau dan semua binatang yang merayap dan juga bersayap.

6. Binatang merayap

Dalam Imamat 11:23 tertera demikian “Selainnya segala binatang yang merayap dan bersayap dan yang berkaki empat adalah kejijikan bagimu.” Adapun binatang merayap yang tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi antara lain kadal, cicak, ular, komodo, biawak dan sebagainya.

7. Binatang berkaki empat

Menurut Imamat 11:3-8 dan Ulangan 14:3-8 disebutkan kalau binatang yang berkaki empat namun diharamkan yaitu yang memamah biak namun tidak berkuku belah atau berkuku belah namun tidak memamah biak layaknya kuda, kelinci, pelanduk dan bintang berkaki empat lainnya yang memiliki ciri layaknya yang disebutkan di atas.

8. Binatang yang terjadi bersama telapak kaki

Dalam Imamat 11:27-28 dikatakan bahwa semua binatang yang terjadi bersama telapak kaki dan semua binatang yang terjadi bersama empat kaki adalah haram layaknya orang utan, monyet, anjing, kucing, panda dan sebagainya.

1 Timotius 4:4 dikatakan demikian “Karena semua yang diciptakan Allah itu baik dan suatu pun tidak ada yang haram, kalau di terima bersama ucapan syukur.” Dari ayat ini tahu disebutkan bahwa tidak ada makanan yang diharamkan dikarenakan semua yang diciptakan oleh Allah adalah baik adanya. Meskipun demikian bukan bermakna tidak semua tipe makanan bisa dimakan oleh manusia dikarenakan ada lebih dari satu makanan yang dilarang Tuhan untuk dikonsumsi.

Kiranya artikel ini bisa memberikan informasi kepada pembaca bahwa ada lebih dari satu tipe makanan yang dilarang Tuhan untuk dikonsumsi. Tuhan melarang kami untuk mengkonsumsi itu semua dikarenakan Ia menginginkan umat ciptaanNya bisa hidup bersama sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar