Kamis, 25 Maret 2021

22 Kumpulan Doa Belajar Sebelum dan Sesudah untuk Anak dan Dewasa


DOA BELAJAR



Doa memohon penyertaan Tuhan di dalam aktivitas belajar mengajar



Berdoa merupakan nafas kehidupan bagi kita orang yang yakin kepadaNya. Kita menjadi diajarkan berdoa sejak kecil oleh orang tua kita. Selain di dalam keluarga, kita terhitung diajarkan bedoa kala ada di Sekolah Minggu. Seringkali cara berdoa yang diajarkan oleh guru Sekolah Minggu dilagukan atau menyuruh anak-anak ulangi kalimat yang telah diucapkan. Semakin makin tambah usia, anak-anak diajarkan untuk berdoa sediri menurut pemahamannya. Tentu saja orang tua mengajarkan anak-anaknya berdoa sejak kecil bersama dengan harapan anak-anaknya bisa tumbuh jadi anak-anak yang kuatir bakal Tuhan dan mengenal Tuhan Yesus sebagai Allah yang disembah.



Kumpulan doa belajar sebelum dan sesudah





Tidak hanya anak-anak, sering kadang orang dewasa terhitung masih belajar untuk berdoa. Bagaimana cara untuk berdoa yang baik seturut bersama dengan kehendakNya. Semakin kita dewasa, kita tambah mengetahui bahwa kita mesti tetap berdoa kepadaNya karena bersama dengan berdoa kita bisa merasakan kasih dan kuasaNya tercurah bagi anak-anakNya. Dengan berdoa terhitung kita mengetahui segala keterbatasan yang kita memiliki bahwa kita tidak bisa hidup tanpa berkat dan bimbingan daripadaNya. Namun, seringkali kala manusia memiliki suatu permasalahan, manusia jadi lupa diri dan menjadikan doa sebagai suatu mantra ampuh supaya terbebas dari masalah. Terkadang kita memaksakan kemauan kita kepadaNya supaya Ia menuruti tiap-tiap permintaan kita. Oleh karena itu, kala doa kita belum dijawab atau kala apa yang berjalan di dalam kehidupan ini tidak sesuai bersama dengan apa yang kita harapkan, kita jadi kecewa dan justru menyalahkanNya.



Apakah berdoa memang mesti seperti itu? Apakah doa yang kita panjatkan kepadaNya haruslah pas kita mengahadapi masalah saja?



Pada dasarnya doa merupakan dasar Iman dari orang percaya. Doa merupakan wujud komunikasi kita kepadaNya. Dengan berdoa kita bisa mengetahui dan mengetahui kemauan dan maksud Tuhan di dalam kehidupan kita. Kita tidak boleh berdoa kepadaNya hanya di pas kita menjadi puas atau sedih saja. Dalam segala suasana baik duka maupun suka, baik tengah penuh kebahagiaan ataupun perasaan sedih kita mesti tetap berdoa kepadaNya. Tuhan memang mengetahui apa yang kita perlukan. Tuhan terhitung mengetahui bakal apa yang berjalan di dalam kehidupan kita dan Ia terhitung mengetahui bakal persoalan yang tengah kita hadapi. Namun, Tuhan dambakan kita berkunjung kepadaNya memohon dan menceritakan apa yang kita alami kepadaNya. Dengan berdoa, jalinan kita denganNya terhitung bakal tambah dekat.



Berdoa bisa dilaksanakan dimana saja dan kapan saja. Bahkan berdoa terhitung bisa dilaksanakan di di dalam hati. Doa yang kita utarakan umumnya berbeda-beda tergantung dari apa yang dambakan kita doakan. Doa yang diutarakan oleh anak-anak dan orang dewasa pun berlainan tergantung dari pemahamannya. Doa bisa pula dilaksanakan oleh individu maupun berkelompok. Biasanya doa individu merupakan doa teristimewa dimana topik doa yang didoakan boiasanya lebih banyak untuk diri sendiri. Beda halnya bersama dengan doa berkelompok. Doa ini umumnya dilaksanakan secara berbarengan dan topik yang didoakan pun lebih luas.



Pada pas ini, kita bakal lihat contoh dari doa belajar. Doa belajar bisa merupakan doa individu maupun doa bersama dengan tergantung dimana doa ini disampaikan. Doa belajar ini terdiri dari doa untuk anak dan dewasa dan juga doa sebelum belajar dan sehabis belajar. Doa belajar yang bakal diperlihatkan kali ini kiranya bisa jadi sumber kekuatan bagi kita semua. Janganlah kita hanya terpaku di dalam doa ini saja karena doa ini hanya merupakan sebuah contoh.



Doa belajar untuk anak
1. Doa sebelum belajar

Doa 1

Tuhan Yesus yang baik, terima kasih atas penyertaanMu kepada saya supaya terhadap hari ini saya masih di dalam suasana sehat. Tuhan Yesus, sebentar ulang saya rela belajar, kiranya Engkau menyertai saya. Amin.



Doa 2

Ya Bapa, terima kasih atas segala penyertaanMu kepada saya. Sebentar ulang saya rela belajar, kiranya Engkau memberkati saya dan mengimbuhkan saya kepintaran supaya kiranya saya bisa mengetahui apa yang bakal saya pelajari. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.



Doa 3

Selamat pagi Tuhan Yesus. Terima kasih karena Tuhan Yesus masih mengimbuhkan kebugaran kepada saya. Sebentar ulang saya rela belajar, kiranya Tuhan Yesus menyertai dan memberkati saya supaya saya bisa mengetahui dan bisa mengerjakan soal yang nanti bakal diberikan oleh Ibu Guru supaya saya memperoleh nilai yang baik dan membuat bapak dan mama senang. Amin.



2. Doa sehabis belajar

Doa 1

Tuhan Yesus, saya telah selesai belajar. Terima kasih karena Tuhan Yesus telah menyertai saya selama belajar. Semoga apa yang telah saya pelajari bisa tetap saya ingat dan saya pahami supaya pas ulangan saya bisa mengerjakan soal yang diberikan bersama dengan baik. Dalam nama Tuhan Yesus saya telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.



Doa 2

Tuhan Yesus terima kasih atas penyertaanMu selama saya belajar tadi. Terima kasih terhitung karena Tuhan Yesus menopang saya mengerjakan soal yang diberikan bersama dengan baik. Semoga saya memperoleh nilai yang baik. Amin.



Doa 3

Tuhan Yesus yang baik, saya telah selesai belajar. Kiranya apa yang saya pelajari bisa tetap saya ingat. Besok pagi saya bakal ulangan, kiranya Tuhan Yesus sertai dan apa yang saya pelajari terhadap malam hari ini tidak saya lupakan besok. Kiranya Tuhan Yesus sertai, bimbing dan mengimbuhkan saya kepintaran. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.



3. Doa sebelum mengawali pelajaran di kelas

Doa 1

Tuhan Yesus, sebentar ulang kita bakal mengawali aktivitas belajar mengajar terhadap hari ini. Kiranya Tuhan Yesus sertai kita seluruh supaya kita bisa mengikuti pelajaran hari ini bersama dengan baik. Terima kasih Tuhan Yesus. Dalam nama Tuhan Yesus kita telah berdoa. Amin.



Doa 2

Bapa yang baik terima kasih atas penyertaanMu terhadap hari ini supaya kita bisa berkumpul di area ini untuk mengawali aktivitas belajar kami. Tuhan Yesus kiranya Engkau sertai dan Engkau membimbing kita terhadap hari ini. Amin.



Doa 3

Selamat pagi Tuhan Yesus. Terima kasih atas penyertaan Tuhan Yesus kepada kita seluruh supaya terhadap pagi hari ini kita bisa berkumpul ulang bersama dengan bersama dengan teman-teman kita untuk mengawali aktivitas belajar mengajar kami. Kiranya Tuhan Yesus terhitung menyertai Ibu Guru yang bakal mengajari kita terhadap hari ini. Dalam nama Tuhan Yesus kita telah berdoa. Amin.



4. Doa sehabis mengakhiri pelajaran di kelas

Doa 1

Tuhan Yesus terima kasih atas penyertaanMu supaya terhadap hari ini kita bisa mengikuti aktivitas belajar kita bersama dengan baik. Terima kasih terhitung atas penyertaanMu supaya kita bisa menyelesaikan soal ulangan bersama dengan baik. Sebentar ulang kita bakal pulang ke rumah kita masing-masing, kiranya apa yang telah disampaikan oleh guru kita terhadap hari ini bisa kita ingat. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.



Doa 2

Bapa kita yang berada di Surga, terima kasih atas penyertaanMu kepada kita seluruh menjadi dari awal pelajaran sampai kita telah selesai belajar. Kiranya apa yang telah disampaikan oleh guru kita bisa kita ingat dan bisa kita pahami. Sebentar ulang kita bakal pulang, kiranya Engkau sertai kita supaya kita bisa pulang ke rumah kita masing-masing bersama dengan selamat dan kita bisa bertemu bersama dengan keluarga kita bersama dengan penuh puas cita. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.



Doa 3

Tuhan Yesus yang baik terima kasih atas penyertaanMu kepada kita seluruh menjadi dari pagi sampai sore hari ini. Tuhan Yesus sebentar kita bakal pulang, kiranya Engkau sertai kita supaya kita bisa pulang bersama dengan selamat. Ya Tuhan kiranya Engkau memberkati Ibu dan Bapak Guru yang telah mengajar kami. Kiranya Engkau terhitung memberkati teman-teman seluruh supaya besok kita bisa bertemu dan berkumpul ulang untuk belajarbersama disini. Tuhan Yesus inilah doa yang kita naikkan kepadaMu. Dalam nama Tuhan Yesus kita telah berdoa. Amin.



Doa belajar untuk dewasa
1. Doa sebelum belajar

Doa 1

Bapa yang bertahta di di dalam Kerajaan Surga yang kita sembah, terima kasih atas segala penyertaan yang tak henti-hentinya Engkau curahkan kepada Saya selama malm hari supaya terhadap pagi hari ini saya bisa bangun bersama dengan tidak kekurangan satu apa pun dan di dalam suasana sehat. Ya Bapa tak hentin-hentinya saya mengucap syukur kepadaMu atas tiap-tiap nafas kehidupan yang telah Engkau berikan. Tuhan Yesus, sebentar ulang saya bakal mengawali aktivitas belajar saya, kiranya Engkau sertai dan Engkau bimbing supaya apa yang saya pelajari terhadap pagi hari ini bisa saya mengetahui dan saya pahami. Dalam nama Tuhan Yesus saya telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.



Doa 2

Selamat pagi Bapa, terima kasih atas segala kasih yang tetap Kau curahkan kepada saya supaya terhadap pagi hari ini saya bisa bangun di dalam suasana sehat. Terima kasih atas segala penyertaanMu yang tidak dulu berhenti di dalam kehidupan saya. Tuhan Yesus sebentar ulang saya bakal belajar. Kiranya Engkau mengimbuhkan saya hikmat supaya apa yang telah saya pelajari bisa saya pahami dan bisa saya mengetahui supaya kala saya mengerjakan ujian saya bisa mengerjakannya bersama dengan baik. Saya mengetahui ya Bapa, saya lemah dan tidak bisa hidup tanpa penyertaanMu. Oleh karena itu, kiranya Engkau sertai saya. Amin.



Doa 3

Bapa yang bertahta di di dalam Kerajaan Surga, terima kasih atas kasih dan rahmatMu yang tetap Engkau curahkan kepada saya. Terima kasih karena terhadap pagi hari ini Engkau masih mengimbuhkan kebugaran dan nafas kehidupan kepada saya. Tuhan Yesus terhadap peluang pagi hari yang indah ini, saya berkunjung ke hadapanMu untuk memohon penyertaanMu. Sebentar ulang saya bakal mengawali aktivitas saya, kiranya Engkau sertai dan Engkau bimbing supaya apa yang saya melaksanakan terhadap hari ini bisa seturut bersama dengan kehendakMu. Sebentar saya terhitung bakal mengawali aktivitas belajar saya. Kiranya Engkau ikut sertai apa yang bakal saya pelajari hari ini. Kiranya Engkau terhitung mengimbuhkan saya kepintaran dan kekuatan untuk menangkap tiap-tiap materi yang bakal diajarkan. Tuhan Yesus inilah doa dan permintaan yang saya panjatkan kepadaMu yang masih jauh dari kurang sempurna yang kita alaskan di di dalam satu nama yaitu Tuhan kita Yesus Kristus. Amin.



2. Doa sehabis belajar

Doa 1

Tuhan Yesus terima kasih atas segala penyertaanMu karena Engkau telah menyertai saya dari awal sampai akhir belajar saya. Kiranya tiap-tiap apa yang saya pelajari tadi bisa saya ingat dan bisa jadi sumber ilmu yang baru bagi saya. Kiranya Engkau mengimbuhkan saya hikmat supaya saya tidak dulu berhenti untuk rela belajar. Dalam nama Tuhan Yesus saya telah berdoa. Amin.



Doa 2

Bapa yang bertahta di dalam Kerajaan Surga, terima kasih atas segala penyertaan yang tak henti-hentinya Engkau curahkan kepada saya supaya terhadap hari ini saya bisa belajar bersama dengan baik. Ya Bapa saya bisa melalui hari ini bukan karena kuat dan hebat saya namun itu seluruh atas kasih dan penyertaan yang tak henti-hentinya Engkau curahkan kepada saya. Tuhan Yesus kiranya apa yang telah saya pelajari tadi bisa menaikkan wawasan saya dan kiranya saya tidak melupakannya begitu saja. Jadikanlah saya teristimewa yang tetap rela belajar dan berusaha. Terpujilah namaMu Tuhan dari sekarang sampai selamanya. Amin.



Doa 3

Tuhan Yesus terima kasih atas kasih penyertaanMu kepada saya sampai terhadap hari ini saya telah selesai belajar. Tuhan Yesus kiranya tiap-tiap apa yang saya pelajari terhadap hari ini tidak saya lupakan begitu saja namun bakal bisa tetap saya ingat. Kiranya Engkau tetap memberkati anakMu ini dan memberikannya hikamat supaya anakMu ini tetap rela tetap mengusahakan dan belajar. Saya mengetahui bahwa saya bisa belajar dan mempelajari hal yang baru karena kasih penyertaanMu. Terima kasih Tuhan Yeus. Amin.



3. Doa sebelum mengawali pelajaran di kelas

Doa 1

Selamat pagi Bapa yang bertahta di dalam Kerajaan Surga, terima kasih atas segala kasih dan penyertaanMu yang tak henti-hentinya Kau curahkan kepada kita supaya terhadap peluang pagi hari ini kita bisa berkumpul di area ini untuk mengawali aktivitas belajar mengajar kami. Kiranya Engkau sertai dan memberkati Ibu dan Bapak Guru yang bakal mengajar kami. Kiranya Engkau terhitung menyertai kita supaya kita bisa mengetahui dan mengetahui tiap-tiap materi yang bakal disampaikan oleh guru kami. Kiranya Engkau menyertai kita sampai aktivitas belajar mengajar kita selesai. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.



Doa 2

Tuhan Yesus yang baik, terima kasih karena Engkau telah menyatukan kita di area ini di dalam suasana sehat. Sebentar kita bakal mengawali aktivitas belajar mengajar kita terhadap pagi hari ini. Kiranya Engkau menyertai kita semua. Berikanlah kita hikmat dan kepintaran supaya apa yang telah disampaikan nanti bisa kita pahami dan kita mengerti. Kiranya Engkau terhitung menyertai Ibu dan Bapak Guru yang bakal mengajar kita terhadap hari ini. Inilah doa kita yang kita panjatkan kepadaMu. Amin.



4. Doa sehabis mengakhiri pelajaran di kelas

Doa 1

Tuhan Yesus terima kasih karena Engkau telah menyertai aktivitas belajarmengajar kita terhadap hari ini supaya kita bisa mengikutinya sampai akhir. Ya Bapa kiranya tiap-tiap apa yang kita pelajari bisa teus kita ingat dan tidak kita lupakan begitu saja. Sebentar terhitung kita bakal pulang ke rumah kita masing-masing dan bakal melanjutkan aktivitas kami, kiranya Engkau sertai kita tetap dimanapun kita berada. Terima kasih Tuhan Yesus kita telah berdoa dan mengucap syukur. Amin.



Doa 2

Ya Bapa, terima kasih karena Engkau telah menyertai kita seluruh sampai aktivitas belajar mengajar kita telah selesai. Sebentar ulang kita bakal pulang, kiranya Engkau sertai tiap-tiap apa yang bakal kita melaksanakan nanti. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.



Demikianlah contoh-contoh doa belajar. Kiranya doa belajar yang telah dibaca bisa jadi referensi dan bisa jadi kekuatan baru. Tetaplah berdoa kepadaNya tiap-tiap kita dambakan melaksanakan suatu aktivitas supaya Ia tetap menyertai kita. Ini karena kita mengetahui bahwa kita adalah makluk yang lemah dan kecil jikalau kita hidup tanpaNya. Teruslah berharap dan berserah kepadaNya. Ingatlah bahwa Ia tetap menyertai dan mendengarkan tiap-tiap seruan doa yang kita naikkan kepadaNya. Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar