Sabtu, 13 Maret 2021

101 Kumpulan Doa Sebelum tidur dan Sesudah Tidur


Kumpulan Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

Sejak kecil, kami seluruh pasti udah diajarkan oleh orang tua kami untuk berdoa. Kita diajari berdoa untuk mengenalkan kami akan Tuhan kami Yesus Kristus. Tidak cuma dalam keluarga, kami termasuk diajarkan berdoa sejak dini dari Sekolah Minggu. Baik dalam keluarga ataupun di Sekolah Minggu, kami diajarkan berdoa dari hal-hal yang sederhana layaknya doa makan dan doa tidur.



Kumpulan Doa Sebelum tidur dan Sesudah Tidur





Pasti kerap kami mendengar nasihat orang tua kami sehingga sebelum saat makan kami berdoa terutama dahulu, atau sebelum saat tidur kami berdoa terutama dahulu sehingga tidak mimpi buruk. Tidak cuma anak-anak orang dewasapun kudu berdoa. Berdoa sebelum saat memulai harinya, berdoa untuk berkat beruapa makanan dan minuman yang masih bisa dinikmati apalagi berdoa sebelum saat tidur untuk mengucapkan rasa syukurnya kepada Tuhan atas penyertaanNya selama hari yang udah dilewati.



Namun, berdoa bukanlah merupakan sebuah “kebiasaan” semata yang kudu dilakukan oleh orang percaya. Jadikanlah doa merupakan sebuah basic hidup dan nafas kehidupan sebab dengan berdoa kami bisa merasakan kasih Allah yang tercurah dalam kehidupan kita. Doa merupakan wujud kesadaran kami bahwa kami tidak bisa hidup tanpa penyertaan Tuhan. Dengan berdoa termasuk kami bisa mengerti niat Tuhan dalam hidup kita. Selain itu ketika kami udah miliki pertalian yang dekat denganNya, kami akan bertumbuh di dalam iman bukan cuma secara fisik saja, sebab perkembangan rohani termasuk diperlukan dalam kehidupan kita. Namun, ketika kami beranjak dewasa, seringkali kami jadi lupa berdoa dan tidak semangat lagi untuk berdoa dengan alasan lelah setelah pulang bekerja.



Padahal dalam satu hari Tuhan memberi tambahan kami pas 24 jam dan Ia tidak dulu meninggalkan kami sedetikpun, tapi kami yang dengan alasan lelah bekerja malah enggan untuk memberi tambahan pas kami untuk Tuhan. Jika sesungguhnya kami tidak bisa berdoa dalam pas yang lama kepadaNya, setidaknya sempatkan pas kami biarpun cuma sebentar sebab komunikasi dengan Allah kami sungguh amat mutlak untuk dilakukan. Salah satu doa yang bisa kami panjatkan kepadaNya yakni doa sebelum saat tidur dan setelah tidur.



Berdoa setelah tidur bisa dilakukan sebelum saat kami memulai aktivitas yang akan kami jalani pada hari itu sehingga Tuhan membimbing dan menyertai. Beda halnya dengan doa sebelum saat tidur. Doa sebelum saat tidur kami panjatkan kepadaNya sebagai wujud ucapan syukur kami sebab Tuhan udah menyertai aktivitas dan aktivitas kami mulai dari pagi sampai pada malam hari. Doa sebelum saat tidur termasuk bisa dilakukan untuk mengintropeksi diri setelah selama hari laksanakan suatu aktivitas. Berikut ini merupakan kumpulan doa sebelum saat tidur dan setelah tidur untuk anak-anak dan dewasa. Kiranya kunpulan doa ini bisa memberi tambahan referensi dan gambaran bagaimana doa berikut dipanjatkan.



1. Kumpulan Doa Sebelum Tidur untuk Anak-anak

Tuhan Yesus menerima kasih atas penyertaanMu selama hari ini, sebentar lagi aku akan tidur, kiraNya Tuhan Yesus memelihara tidur aku selama malam ini. Dalam nama Tuhan Yesus aku udah berdoa. Amin.



Tuhan Yesus sebentar lagi aku senang tidur, kiranya Tuhan Yesus memelihara tidur aku selama malam ini sehingga besok pagi aku bisa bangun dalam suasana sehat. Amin.



Tuhan Yesus yang baik, menerima kasih atas penyertaanMu yang tak henti-hentinya Kau curahkan kepada saya. Sebentar lagi aku senang tidur, kiranya Tuhan Yesus menyertai tidur saya, papa, mama dan kakak sehingga besok pagi kami bisa bangun dengan penuh sukacita. Dalam nama Tuhan Yesus kami udah berdoa. Amin.



Tuhan Yesus, sebentar lagi aku senang tidur kiranya Tuhan Yesus memberkati tidur aku sehingga tidur aku nyenyak dan mimpi indah. Kiranya Tuhan Yesus termasuk memberkati papa dan mama sehingga besok pagi kami bisa bangun dengan tidak kekurangan satu apapu. Dalam nama Tuhan Yesus kami udah berdoa. Amin.



Tuhan Yesus menerima kasih atas berkat yang Tuhan Yesus memberikan kepada aku selama hari ini sehingga aku bisa beraktivitas dengan baik. Terima kasih untuk teman-teman yang udah Tuhan Yesus memberikan kepada saya. Tuhan Yesus pada malam hari ini aku senang tidur. Kiranya Tuhan Yesus memelihara tidur aku sehingga besok pagi aku bisa bangun dalam suasana sehat. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.



Tuhan Yesus aku mengucap syukur atas berkat yang Tuhan Yesus memberikan kepada saya, mama dan papa. Terima kasih sebab Tuhan Yesus udah memelihara aku selama hari ini. Tuhan Yesus sebentar lagi aku senang tidur. Kiranya Tuhan Yesus memelihara dan memelihara tidur saya. Bila ada kuasa kegelapan yang coba-coba mengganggu tidur aku pada malam hari ini, aku patahkan cuma di dalam nama Yesus. Kiranya Tuhan Yesus saja yang memelihara tidur aku pada malam hari ini. Amin.



Tuhan Yesus begitu besar kasih dan penyertaanMu kepada aku dari pagi sampai malam hari ini. Terima kasih sebab Tuhan Yesus selalu beserta dengan aku dan selalu mengasihi saya. Tuhan Yesus sebentar lagi aku senang tidur, kiranya Engkau memelihara tidur aku pada malam hari ini. Tak lupa aku termasuk senang berdoa untuk papa, mama, kakak dan teman-teman saya. Kiranya Tuhan Yesus termasuk memelihara dan memberkati mereka. Tuhan Yesus kiranya Tuhan Yesus termasuk memberi tambahan mimpi yang indah kepada kami semua. Kiranya Tuhan Yesus memelihara tidur kami pada malam hari ini. Amin.



Tuhan Yesus yang aku kasihi, menerima kasih atas penyertaan Tuhan Yesus selama hari ini dari pagi sampai malam hari ini. Terima kasih sebab Tuhan Yesus udah menyertai aku di sekolah dan di rumah. Terima kasih sebab Tuhan Yesus udah memberi tambahan keluarga dan teman-teman yang baik untuk saya. Sebentar lagi aku senang tidur, kiranya Tuhan Yesus memelihara tidur aku dan jauhkan dari kuasa kegelapan sehingga besok pagi kami bisa berkumpul lagi dalam suasana sehat. Terima kasih Tuhan Yesus. Saya udah berdoa dan mengucap syukur. Amin.



Tuhan Yesus yang penuh kasih dan penyanyang, menerima kasih atas kesegaran yang udah Tuhan Yesus memberikan kepada aku sehingga selama hari ini aku bisa laksanakan aktivitas aku dengan baik tanpa kekurangan satu apapun. Tuhan Yesus tak henti-hentinya aku mengucap syukur kepadaMu, sebab Tuhan Yesus selalu menyertai aku di mana pun aku berada. Tuhan Yesus sebentar lagi aku dan keluarga aku senang tidur. Kiranya Tuhan Yesus jaga tidur kami pada malam hari ini. Amin.



Tuhan Yesus yang aku kasihi, menerima kasih atas berkat dan penyertaan yang Tuhan Yesus selalu memberikan kepada saya. Terima kasih untuk hari yang indah yang udah Tuhan memberikan kepada saya. Terima kasih untuk orang tua dan teman-teman yang selalu mengasihi saya. Tuhan Yesus setelah selama hari ini aku laksanakan banyak kegiatan, pada malam hari ini aku senang tidur. Kiranya Tuhan Yesus memelihara tidur aku sehingga besok pagi aku bangun dengan tidak kekurangan satu apa pun dan dalam suasana sehat. Jaga dan sertai tidur kami Tuhan Yesus. Di dalam namaMu aku udah berdoa. Amin.



Selamat malam Tuhan Yesus, menerima kasih atas penyertaan Tuhan Yesus selama hari ini sehingga pada hari ini aku bisa laksanakan aktivitas aku dalam suasana sehat. Terima kasih sebab Tuhan Yesus termasuk udah menyertai aku di sekolah sehingga pas ulangan aku bisa mengerjakan seluruh soalnya dengan benar. Tuhan Yesus tak lupa sebentar lagi aku senang tidur, kiranya Tuhan Yesus menyertai tidur aku dan tidur papa mama pada malam hari ini. Berikanlah kami mimpi yang indah sehingga besok pagi kami bisa bangun dengan penuh ucapan syukur dan dalam suasana sehat. Terima kasih Tuhan Yesus yang baik. Amin.



Tuhan Yesus yang penuh kasih, menerima kasih atas penyertaan Tuhan Yesus selama pagi hari ini. Terima kasih sebab Tuhan Yesus udah memberi tambahan aku kesehatan. Terima kasih termasuk sebab Tuhan Yesus udah memelihara aku selama hari ini. Tuhan Yesus, tak mulai sebentar lagi aku senang tidur. Kiranya Tuhan Yesus memelihara tidur aku pada malam hari ini. Bila ada kuasa kegelapan yang coba-coba mengganggu tidursaya pada malam hari ini, aku hancurkan di dalam nama Tuhan Yesus. Kiranya Tuhan Yesus saja yang datang dan memelihara tidur aku pada malam hari ini. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.



2. Kumpulan Doa Sesudah Tidur untuk Anak-anak

Tuhan Yesus menerima kasih sebab Tuhan Yesus udah memelihara tidur aku selama malam hari sehingga pada pagi hari ini aku bisa bangun dalam suasana sehat. Tuhan Yesus sebentar lagi aku senang sekolah, kiranya Tuhan Yesus memelihara dan memberkati aku di sekolah. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.



Selamat pagi Tuhan Yesus, menerima kasih atas penyertaan Tuhan Yesus selama malam sehingga pada pagi hari ini aku bisa bangun dengan penuh senang cita. Terima kasih sebab penyertaan Tuhan Yesus aku bisa bangun dan bisa berkumpul dengan papa dan mama. Sebentar lagi aku akan laksanakan aktivitas saya. Kiranya Tuhan Yesus memelihara aku di sekolah maupun di rumah. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin.



Tuhan Yesus yang penuh kasih, menerima kasih untuk pagi hari yang indah ini yang masih Tuhan Yesus memberikan kepada saya. Terima kasih sebab Tuhan Yesus udah memelihara tidur aku sehingga aku tidak bermimpi tidak baik semalam. Tuhan Yesus kiranya Tuhan Yesus memberkati tiap-tiap apa yang aku lakukan. Kiranya Tuhan Yesus memelihara saya, papa dan mama dimanapun kami berada. Kiranya termasuk kami bisa terus merasakan kasih Tuhan Yesus. Amin.



Tuhan Yesus pada pagi hari ini aku mengucap syukur kepadaMu sebab Tuhan Yesus udah memelihara tidur aku sekeluarga selama malam sehingga pada pagi hari ini kami bisa bangun dalam suasana sehat. Kiranya tUhan Yesus memberkati dan memelihara papa dan mama yang akan berangkat bekerja, kiranya Tuhan Yesus termasuk memberkati aku yang akan berangkat kke sekolah. Kiranya Tuhan Yesus memberkati Ibu dan Bapak Guru yang akan mengajar saya. Kiranya Tuhan Yesus termasuk memberkati teman-teman aku di sekolah. Tuhan Yesus inilah doa yang aku naikkan kepadaMu. Amin.



Tuhan Yesus yang aku kasihi menerima kasih atas segala berkat yang udah Tuhan Yesus memberikan kepada aku sehingga aku bisa bangun pada pagi hari dengan tidak kekurangan satu apa pun dan tidak dalam suasana sakit. Tuhan Yesus sebentar lagi aku termasuk akan memulai aktivitas saya. Kiranya Tuhan Yesus memelihara dan memberkati aku selama hari ini. Amin.



Tuhan Yesus yang aku kasihi, pada pagi hari ini aku mengucap syukur kepadaMu sebab Tuhan Yesus masih memberi tambahan aku kesegaran sehingga aku masih bisa laksanakan tiap-tiap aktivitas aku dengan baik. Tuhan Yesus tak lupa termasuk aku berdoa untuk hari ini. Kiranya Tuhan Yesus memelihara dan memberkati aku selama aku laksanakan kegiatan. Kiranya Tuhan Yesus termasuk memberkati dan menyertai papa, mama, kakak, adik dan teman-teman sehingga kiranya mereka seluruh termasuk ada dalam suasana sehat. Inilah doa yang aku naikkan kepadaMu. Amin.



Selamat pagi Tuhan Yesus yang baik, menerima kasih atas penyertaan yang tak henti-hentinya Tuhan Yesus memberikan sehingga pada hari ini aku bisa bangun dengan tidak kekurangan satu apapun. Terima kasih sebab selama malam tadi Tuhan Yesus terus memelihara aku sehingga aku bisa tidur dengan nyenyak dan bermimpi indah. Tuhan Yesus kiranya Tuhan Yesus menyertai aku selama hari ini. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.



Selamat pagi Tuhan Yesus yang baik, menerima kasih sebab Tuhan Yesus udah menyertai tidur aku dan keluarga aku sehingga pada pagi hari ini kami masih bisa berkumpul dalam suasana sehat. Sebentar lagi kami akan memulai tiap-tiap aktivitas kami. Berilah kami selalu kesegaran dan kasihMu ya Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus aku udah berdoa. Amin.



Tuhan Yesus menerima kasih sebab Tuhan Yesus udah memelihara tidur aku pada malam hari tadi sehingga aku masih bisa merasakan kasih Tuhan pada pagi hari ini. Tuhan Yesus kiranya Tuhan Yesus memelihara aku dan memelihara papa dan mama sebab sebentar lagi kami senang pergi bekerja dan bersekolah. Kiranya Tuhan Yesus termasuk memberkati teman-teman aku dimanapun mereka berada. Amin.



Tuhan Yesus yang penuh kasih dan amat baik bagi kami semua, pada pagi hari ini aku berterima kasih kepada Tuhan Yesus sebab Tuhan Yesus udah memelihara aku selama malam tadi. Tuhan Yesus tak lupa aku berdoa kepadaMu untuk meminta penyertaan Tuhan Yesus pada hari ini. Sebentar aku akan beraktivitas kiranya Tuhan Yesus sertai. Amin.



Tuhan Yesus menerima kasih sebab pada pagi hari ini kami seluruh bisa bangun dalam suasana sehat. Terima kasih sebab Tuhan Yesus udah memelihara tidur aku sehingga saya, papa dan mama bisa bangun pada pagi hari ini dalam suasana sehat tidak kekurangan satu apapun. Tuhan Yesus sebentar termasuk aku akan laksanakan aktivitas saya, kiranya Tuhan Yesus jaga, sertai dan berkati. Dalam nama Tuhan Yesus aku udah berdoa. Amin.



Selamat pagi Tuhan Yesus, menerima kasih atas kasih yang udah Tuhan Yesus memberikan kepada kami seluruh sehingga pada pagi hari ini kami bisa bangun dan bisa merasakan kasihMu dalam kehidupan kami. Tuhan Yesus, sebentar kami sekeluarga akan laksanakan aktivitas kami, kiranya Tuhan Yesus memberkatipapa dan mama yang akan berangkat kerja. Kiranya Tuhan Yesus termasuk memberkati kakak dan aku yang akan berangkat ke sekolah.Tuhan Yesus kiranya Engkau menyertai kami selama hari ini sampai malam tiba. Terima kasih Tuhan Yesus, cuma di dalam namaMu kami udah berdoa. Amin.



3. Kumpulan Doa Sebelum Tidur untuk Dewasa

Bapa kami yang bertahta di dalam Kerajaan Sorga, menerima kasih atas berkat dan penyertaanMu yang tak henti-hentinya kepada kami seluruh sehingga aku masih dalam suasana sehat pada malam hari ini. Ya Bapa banyak sekali perihal yang berlangsung pada hari ini baik perihal menggembirakan maupun perihal yang tidak menyenangkan. Namun Tuhan Yesus, aku mengerti bahwa apa yang udah berlangsung dalam kehidupan aku pada hari ini udah Tuhan atur dan Tuhan ijinkan untuk terjadi. Ya Bapa sebelum saat aku tidur kiranya Engkau terutama dahulu mengijinkan aku berdoa bagi orang tua saya. Kiranya Engkau menyertai mereka dimanapun mereka berada. Kiranya mereka selalu dalam lindunganMu. Kiranya Engkau memberkati mereka di hari tua mereka. Tak lupa aku termasuk berdoa bagi saudara-saudara aku dan teman-teman aku yang aku kasihi. Terima kasih sebab Engkau memberi tambahan orang-orang yang mengasihi aku dan menguatkan aku ketika aku lemah. Tuhan Yesus, sebentar aku akan tidur, kiranya Engkau menyertai tidur kami seluruh sehingga besok bagi kami bisa bangun dalam suasana sehat dan tidak ada kekurangan satu apapun. Bila ada kuasa kegelapan yang coba-coba mengganggu tidur kami pada malam hari ini, kami hancurkan kami patahkan cuma di dalama nama Tuhan Yesus. Kiranya Engkau sajalah yang memelihara tidur kami baik di atas, di bawah, di samping kanan, di samping kiri, di depan maupun di belakang. Terima kasih Tuhan Yesus, kami cuma menyerahkan seluruh hidup dan kehiduan kami cuma ke dalam tanganMu. Amin.



Tuhan Yesus menerima kasih atas berkat penyertaanMu yang tak henti-hentinya Engkau curahkan kepada kami. Terima kasih atas bimbinganMu selama hari ini mulai dari pagi sampai malam hari. Terima kasih sebab Engkau selalu dengan dengan kami. Ya Bapa pada kesempatan malam hari ini, dengan penuh pengharapan aku mampir ke hadapanMu. Ya Bapa aku mengerti selayaknya aku tidak kudu kuatir akan hari esok yang akan aku jalani, tapi ya Bapa aku menyerahkan ketakutan ini cuma ke dalam tanganMu. Jangan biarkanlah anakMu ini menjauhkan dari padaMu. Tuhan Yesus sebentar aku akan mengakhiri aktivitas aku pada hari ini dengan tidur. Kiranya Engkau memberkati dan memelihara tidur kami seluruh sehingga besok pagi kami bisa bangun dengan tidak kekurangan satu apapun. Jaga dan tutup bungkus tidur kami sehingga tidur kami nyenyak dan mimpi indah. Kiranya berkat dan kaihMu selalu tercurah ke atas kami anak-anakMu. Amin.



Selamat malam Bapa yang bertahta di dalam Kerajaan Surga, menerima kasih atas berkat yang tak henti-hentinya Kau limpahkan kepada kami sehingga selama hari ini kami bisa lalui dengan penyertaanMu. Terima kasih sebab Engkau selalu dengan dengan kami dimanapun dan kapanpun kami berada. Ampuni segala kesalahan yang kami laksanakan pada hari ini baik yang disengaja maupun tidak disengaja, yang menyakiti hati sesama kami apalagi menyakiti hatiMu. Kami mengerti ya Bapa bahwa kami tidak bisa hidup di dunia ini tanpa penyertaanMu. Oleh sebab itu ya Bapa, kami berdoa kepadaMu sehingga kiranya Engkau selalu dengan dengan kami memberi tambahan berkat dan kasihMu atas kami. Ya Bapa, sebentar kami akan tidur, kiranya Engkau memberkati tidur kami pada malam hari ini. Bila ada kuasa kegelapan yang coba-coba mengganggu tidur kami, kami hancurkan dan patahkan di dalam nama Tuhan Yesus. Kiranya Kau saja yang berjaga-jaga dan memelihara tidur kami selama malam hari ini. Inilah doa kami yang kami panjatkan cuma dalam satu nama Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.



4. Kumpulan Doa Sesudah Tidur untuk Dewasa

Tuhan Yesus, menerima kasih atas berkat dan penyertaanMu selama malam hari tadi sehingga pada pagi hari ini aku bangun dengan tidak kekurangan satu apapun. Tuhan Yesus sebelum saat aku memulai aktivitas saya, aku berdoa kepadaMu untuk memohon penyertaan dan bimbinganMu. Kiranya Engkau menyertai tiap-tiap apa yang aku laksanakan pada hari ini. Bimbinglah anakMu sehingga kiranya tiap-tiap apa yang aku laksanakan pada hari ini bisa senang dihadapanMu. Berkati hati,pikiran, perkataan dan kelakuan aku sehingga kiranya bisa seturut dengan kehendakMu saja. Kiranya Engkau yang bekerja dalam hidup dan kehidupan aku pada hari ini. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.



Bapa yang bertahta dalam Kerajaan Surga, yang kami sembah dalam nama anakMu Yesus Tuhan kami yang hidup, menerima kasih atas tiap-tiap berkat yang udah Kau memberikan kepada aku sehingga pada pagi hari ini aku masih bisa merasakan kasihMu lewat tiap-tiap nafas kehidupan yang udah Kau memberikan kepada saya. Tuhan Yesus, malam udah berlalu dan pagi udah mampir menunggu aku untuk memulai segala aktivitas yang aku laksanakan pada hari ini. Ya Bapa, kiranya Engkau memberkati tiap-tiap apa yang aku lakukan. Berkati tiap-tiap kelakuan aku sehingga apa yang hamba laksanakan bisa senang di hadapanMu dan bisa jadi berkat bagi sesama. Tuhan Yesus, hari yang aku jalani ini akan mulai amat panjang dan berat kecuali tanpa penyertaanMu. Oleh sebab itu Tuhan, kiranya Engkau datang dalam hidup dan kehidupan aku dan menyertai tiap-tiap langkah kehidupan saya. Kiranya Engkau termasuk memberkati orang tua yang aku kasihi. Kiranya mereka dalam lindungan dan penyertaanMu selalu. Terima kasih ya Bapa. Dalam nama Tuhan Yesus aku udah berdoa dan mengucap syukur. Amin.



Selamat pagi Bapa yang kami kasihi dan kami sembah dalam nama anakMu Tuhan kami Yesus Kristus. Terima kasih atas segala penyertaanMu selama malam hari tadi sehingga pada pagi hari yang indah ini, aku bisa bangun dengan tidak kekurangan satu apa pun dan bisa merasakan kasih dan penyertaanMu dalam kehidupan saya. Tuhan Yesus di pagi hari yang indah ini tak lupa aku termasuk memohon bimbingan dan penyertaanMu selama hari ini. Kiranya Engkau sertai dan Engkau pimpin tiap-tiap apa yang akan aku laksanakan dan kerjakan. Kiranya apa yang aku Mengerjakan bisa jadi berkat bagi sesama dan bisa menggembirakan hatiMu. Tak lupa termasuk aku berdoa bagi orang tua saya.Kiranya Engkau memberkati mereka dimanapun mereka berada. Kiranya Tuhan termasuk sertai dan lindungi tiap-tiap apa yang akan mereka kerjakan. Kiranya Tuhan Yesus termasuk memberkati teman-teman saya. Berkati dan sertai mereka selama hari ini. Ya Tuhan, kiranya kasih dan kuasaMu nyata tercurah bagi kami seluruh pada hari ini. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin.



Demikianlah kumpulan doa-doa sebelum saat tidur dan sesduah tidur. Kiranya bisa jadi sumber berkat bagi kami seluruh dimanapun kami berada. Berdoalah selalu di dalam namaNya biarpun apa yang kami laksanakan itu adalah perihal yang kecil Ingatlah selalu akan penyertaanNya yang tak dulu berhenti tercurah bagi kami semua. Semoga bermanfaat. Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar