Jumat, 07 Agustus 2020

Apa itu Nasrani? Apa bedanya dengan Kristen


Nasrani dan Kristen. Pada zaman dulu orang orang yang berasal dari Nazareth disebut sebagai Nazarios. Sebutan ini merupakan sebuah ejekan yang bertujuan bagi orang-orang Nazareth karena terhadap masa itu Nazareth bukanlah sebuah tempat yang bergengsi. Dari makna inilah pada akhirnya muncul kata Nasrani karena kedua kata berikut dianggap mirip. Padahal kata Nasrani sendiri sudah tersedia sebelum saat lahirnya Yesus Kristus.



Namun, Nasrani lebih banyak digunakan sebagai julukan yang bertujuan oleh orang Yahudi kepada pengikut Yesus. Pengikut Yesus yang bertujuan disini bukanlah orang yang mirip bersama dengan murid Yesus melainkan orang-orang yang bukan merupakan orang Yahudi namun mengikut Yesus dimana julukan ini diberikan oleh jemaat di luarKristen.



Dalam Kisah Para Rasul 25:5 disebutkan bahwa Nasrani merupakan sekte Yahudi yang sudah tersedia sebelum saat Yesus lahir dimana sekte ini menganut mistik gnostik. Gnostik merupakan suatu sekte yang mempercayai bahwa tubuh sebetulnya adalah penjara jiwa yang mengantarai tubuh bersama dengan roh. Pemahaman yang tersedia dalam sekte ini dipengaruhi oleh filsafat Platonis. Sebenarnya orang Kristen yang berada di lebih kurang Arab terhadap masa awal juga menganus keyakinan gnostik ini karena mereka yakin bahwa Yesus hanyanlah manusia pura-pura dimana luarnya saja yang muncul seperti manusia. Akhirnya kekristenan terhadap masa itu sering disebut sebagai Nasrani. Sekte Nasrani ini merupakan jemaat Kristen perdana dimana Ephipanius menginformasikan bahwa sekte ini tersedia lebih kurang 400 tahun awal kekristenan.



Kata Nasrani sesudah itu berubah jadi kata Kristen.Kata Kristen sendiri pertama kali disebutkan dalam Kisah Para Rasul 11:26 sehingga kata ini baru dikenal terhadap pas Perjanjian Baru.Pada masa itu, kata Kristen merupakan julukan yang diberikan kepada murid-murid Yesus di Antiokhia.

Kata Kristen sendiri berasal dari kata Khristianos yang berarti serdadu atau pengikut Kristus. Namun tak sedikit pula yang menyebutkan bahwa Khristianos sendiri merupakan bentuk dimutive dari kata Khristos yang secara umum merupakan julukan yang berupa ejekan yang memiliki makna Kristus Kecil. Pada masa itu, julukan ini diberikan kepada pengikut Kristus mula-mula. Namun terhadap tahun 60 Masehi kata Kristen jadi kata baku dan digunakan oleh Herodes untuk menyindir Paulus. Pada masa Romawi, nama Kristen dipakai untuk mengejek orang yang dipandang sebagai budak.



Perbedaan Nasrani bersama dengan Kristen


Nasrani sendiri sering kali disamakan bersama dengan Kristen namun sebetulnya keduanya mengetahui berbeda. Dalam Perjanjian Baru khususnya Kisah Para Rasul 25:5 kata Nasrani dulu disebutkan satu kali. Kata Nasrani ini bertujuan bagi mereka yang seringkali menimbulkan kekacauan lebih-lebih orang Nasrani sering dikatakan sebagai penyakit sampar dalam masyarakat. Selain itu, orang Nasrani seringkali dilukiskan sebagai orang-orang yang berusaha untuk melanggar kekudusan bait Allah sehingga mereka seringkali ditangkap dan diadili menurut hukum Taurat.



Istilah Nasrani ini merupakan julukan dari orang Yahudi untu pengikutYesus karena Yesus berasal dari Nazareth sehingga pengikutNya dinamakan Nasrani. Kristen sendiri di dalam Alkitab khususnya Perjanjian Baru disebutkan sebanyak tiga kali. Dalam Alkitab, kata Kristen bertujuan kepada murid-murid yang menginformasikan bahwa Yesus adalah Tuhan. Berikut merupakan perbedaan antara Nasarani denga Kristen.



Nasrani



Merujuk terhadap ajaran sekte Yahudi yang sudah tersedia sebelum saat Yesus lahir dimana sekte ini menganut mistik gnostik. Pada masa itu pengikutnya disebut bersama dengan Nashara atau Hawariyun.
Masih menggerakkan hukum Taurat.




Kristen



Keyakinan yang mempercayai bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juruselamat
Mengikuti ajaran Yesus Kristus.


Demikianlah artikel ini mengenai apa sebetulnya itu Nasrani. Kiranya artikel ini sanggup memberi tambahan Info untuk kita semua.

https://stats-site.com/abiabiz.com/
https://stats-site.com/runimas.com/
https://stats-site.com/doagama.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar