Kamis, 20 Agustus 2020

Apa Itu Imanuel? Kenapa Yesus Adalah Imanuel


Yesus Adalah Imanuel.

Kata Imanuel sendiri berasal berasal dari bahasa Ibrani Immanu’el yang mempunyai makna Allah beserta kita. Nama ini berasal berasal dari dua kata yakni El yang berarti Allah dan Immanu yang berarti beserta kita, dengan kami atau dengan kita. Di di dalam Alkitab, Imanuel sendiri nampak sebanyak 3 kali yakni 2 kali di dalam Perjanjian Lama dan 1 kali di dalam Perjanjian Baru. Dalam Perjanjian Lama, kata ini nampak di dalam Yesaya 7:14 dan Yesaya 8:8. Di Perjanjian Baru sendiri kata ini nampak di dalam Matius 1:23.



Kata Imanuel pertama kali nampak di dalam Yesaya 7:14. Pada saat Kerajaan Aram dan Kerajaan Israel idamkan membentuk suatu koalisi dengan Kerajaan Yehuda. Koalisi yang terbentuk ini memiliki tujuan untuk menghambat laju perkembangan kebolehan dan kekuasaan Kerajaan Asyur. Namun, tak sedikit pula yang mengatakan bahwa koalisi ini terbentuk untuk buat persiapan diri untuk melawan Kerajaan Asyur. Namun, terhadap saat idamkan membentuk koalisi ini, raja Yehuda bimbang gara-gara raja Aram dan raja Israel memastikan untuk menghukumnya.

Imanuel

millcitychurch.org



Mendengar ketetapan raja Aram dan raja Israel, Raja Yehuda yang bernama Ahas pastinya gemetar. Yesaya yang terhadap saat itu sebagai nabi diutus untuk menjumpai Ahas dan memberitahu dia sehingga ia tidak usah kuatir dan gemetar gara-gara kekuasaan musuh-musuhnya hampir berakhir sehingga tidak bisa membahayakan dirinya. Untuk menegaskan Ahas, Yesaya pun menyuruh Ahas untuk berharap pertanda untuk memperlihatkan kebenaran ilahi itu namun Ahas menolaknya.



Untuk menanggapi sikap penolakan raja Ahas, Yesaya memberi sadar bahwa Tuhan dapat menambahkan suatu pertanda kepada bangsa Yehuda bahwa kelak seorang dara dapat mempunyai kandungan dan melahirkan seorang anak laki-laki dan dia dapat menamainya Imanuel. Di di dalam Kekristenan sendiri nama ini dipakai sebagai keliru satu nama Yesus Kristus.



Dalam sebagian bahasa, Imanuel sendiri mempunyai makna sebagai berikut:



Imanuel di dalam Kristiani berarti Tuhan beserta kita.



Imanuel di dalam Bahasa Ibrani berarti Tuhan bersamaku.



Imanuel di dalam peristiwa merupakan kata lain berasal dari Emmanuel.



Imanuel di dalam Bahasa Karakteristik berarti orang yang independen, susah untuk dipengaruhi, teratur, penuh motivasi dan diselimuti dengan jiwa spiritual.



Dalam Kekristenan sendiri, kata ini seringkali dipakai oleh pengkhotbah, pendeta maupun pastur kepada umaatnya saat menyampaikan khotbah atau saat perayaan Ekaristi dapat segera berakhir gara-gara kata ini mempunyai makna yang bergitu di dalam yakni “Tuhan beserta kita”.



Tidak hanya terhadap saat ini, terhadap zaman dulu bangsa Yehuda termasuk gunakan kata ini. Kata ini dipakai oleh bangsa Yehuda ketika mereka berada di dalam masa kesesakan. Berkat bantuan dan penyertaan Imanuel ini, bangsa Yehuda berhasil terlepas dan bebas berasal dari kesesakan yang mereka rasakan. Kebebasan yang bangsa Yehuda rasakan termasuk gara-gara mereka terus yakin dapat janji Tuhan. Oleh gara-gara itu, bangsa Yehuda terhadap saat itu sang menjunjung dan menjunjung kata Imanuel ini begitu pun kami sebagai umat yang yakin kepadaNya.



Hal Yang Berkaitan Dengan Imanuel
apakah imanuel serupa dengan yesus

oneinprayer.net



Ada sebagian perihal terkait Imanuel ini. Adapun perihal yang terkait antara lain:



1. Kelahiran seorang bayi yang disertai dengan tanda-tanda ajaib.

Pada saat itu malaikat menampakkan diri kepada Maria dan menyampaikan firman Tuhan kepada Maria bahwa kelak ia dapat mempunyai kandungan dan melahirkan seorang anak laki-laki oleh kuasa Roh Kudus. Sampai saat ini, sangat jarang sekali seorang malaikat menapakkan dirinya untuk menyampaikan mengenai kelahiran seorang bayi. Tentunya ini jadi sebuah isyarat yang ajaib.



2. Lahir berasal dari seorang perawan

Bayi itu dapat lahir berasal dari seorang perawan yang belum dulu bersetubuh dengan laki-laki.



3. Melalui kelahiran bayi itu, Allah singgah untuk menyertai dan menunjang manusia

Bayi yang dapat dilahirkan itu bernama Yesus. Melalui kelahiran Yesus sendiri, Allah singgah untuk menyertai dan menunjang manusia. Sososk Allah yang jauh di dalam Perjanjian Lama, jadi dekat dengan kelahiran Yesus.



4. Yesus adalah Imanuel

Imanuel berasal berasal dari bahasa Ibrani yang berarti Tuhan menyertai kita. Pada saat itu, huruf Ibrani sendiri tidak mempunyai wujud seperti saat ini. Bentuk awalannya hanya berbentuk piktograf yang mempunyai kandungan kumpulan gambar bermakna. El di dalam Immanuel sendiri terhadap saat itu lazim diterjemahkan sebagai Allah yang mempunyai makna harafiah sebagai kebolehan dan kekuasaan.

Seingga terhadap saat itu Immanuel diterjemahkan sebagai Allah yang kuat dan berkuasa di mana Ia memandang kami dan kami pun memandang Dia bersama-sama di dalam satu kumpulan atau satu wilayah denganNya.Dalam perihal ini, Imanuel sendiri sudah tergenapi di dalam diri Yesus Kristus yang diam salah satu kita.



Imanuel Bagi Umat Kristiani
cerita sekolah minggu mengenai imanuel

wcpca.org



Imanuel sendiri pastinya bukan hanya sekadar kata saja. Namun Imanuel bagi umat Kristiani pastinya mempunyai makna yang dalam. Adapun Imanuel bagi umat Kristiani sendiri yaitu:

1. Tuhan hadir dan menambahkan jaminan bagi manusia

Di di dalam hidup ini pastinya tidak ada satu pun manusia yang tidak memilki masalah. Selagi hidup, manusia dapat menghadapi suatu permasalahan. Terkadang persoalan yang dialami oleh manusia justru membuatnya jadi jatuh, putus asa lebih-lebih tidak kembali yakin dapat kuasa Allah.

Namun, saat situasi membuatmu terpuruk, ingatlah kata Imanuel itu sendiri gara-gara Imanuel berarti Allah beserta kita. Karena Allah beserta dengan kita, pastinya Ia dapat menambahkan kami jaminan dan kebolehan di dalam menghadapi persoalan itu gara-gara Ia tidak dapat dulu meninggalkan kita.



2. Tuhan senantiasa hadir di dalam kehidupan kita

Tuhan sadar semua nya mengenai kita. Ia sadar apa keterbatasan kami lebih-lebih Ia sadar apa yang kami perlukan. Terkadang gara-gara kelemahan yang dimiliki oleh manusia ini, manusia seringkali kuatir dan gentar di dalam menjalani hidup. Namun, gara-gara ada Imanuel di dalam diri kami maka kami tidak harus kuatir gara-gara Ia senantiasa hadir di dalam kehidupan kita.



3. Tuhan hadir di dalam rupa manusia biasa

Yesus singgah ke di dalam dunia ini di dalam rupa manusia biasa. Imanuel itu tergenapi di dalam diri Yesus yang hadir di tengah-tengah manusia. Meskipun di dalam rupa manusia biasa, Ia sudi menanggung dosa manusia dan merasakan rasa sakit saat Ia harus mati di kayu salib. Semua ini Ia jalankan gara-gara Ia mengasihi manusia dan tidak idamkan manusia jatuh ke di dalam maut.



4. Hadirnya Tuhan sebagai penopang kehidupan

Tuhan hadir di dalam diri kami untuk menunjang kehidupan kita. Ia menambahkan kebolehan di dalam menjalani kehidupan ini. Tidak hanya kebolehan jasmani, Ia termasuk menambahkan kebolehan rohani sehingga kami mempunyai iman yang kuat padaNya. Kekuatan yang Ia memberikan tidaklah terbatas sehingga kami senantiasa mendapatkan kebolehan yang baru setiap harinya. Jika Ia tidak hadir untuk menunjang kita, bagaimana bisa kami menghadapi kehidupan yang berat ini?



5. Allah merupakan sumber sukacita manusia

Hadirnya Imanuel di dalam hidup kami pastinya dapat menambahkan kami suatu pengharapan yang baru. Ketika kami di dalam situasi yang susah Ia menambahkan kami pengharapan dapat janjiNya di dalam hidup kita. Oleh gara-gara itu hanya Dialah yang jadi sumber sukacita manusia gara-gara di luar Dia kami tidak dapat mendapatkan kebahagiaan.



Demikianlah artikel mengenai Imanuel ini. Kiranya artikel ini bisa jadi berkat dan mengingatkan kami bahwa Imanuel itu sudah hadir di dalam hidup dan kehidupan kita.

https://images.google.ga/url?q=https://www.yukampus.com
https://images.google.gp/url?q=https://www.yukampus.com
https://images.google.lt/url?q=https://www.yukampus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar