Minggu, 23 Agustus 2020

3 Tujuan Pernikahan Kristen, makna dan keutamaan Berkeluarga


Tujuan Pernikahan Kristen -Menikah dan membangun sebuah keluarga tentunya jadi dambaan semua orang. Ketika menjelang hari pernikahan banyak pasangan yang dapat repot buat persiapan perayaan pernikahan mereka merasa berasal dari gaun pernikahan, gedung hingga undangan. Agar pernikahan yang diimpikan mampu berjalan bersama dengan lancar pasangan yang dapat menikah ini relah untuk mengerahkan segenap daya, tenaga dan dana yang mereka memiliki sehingga pernikahan yang diharapkan mampu terwujud.

Tujuan  Pernikahan

pravmir.com



Prosesi pemberkatan dan resepsi pernikahan merupakan dua acara yang hanya berjalan selama sehari sedang pernikahan yang dibangun tentunya harus konsisten berjalan hingga maut memisahkan. Untuk menjaga pernikahan selanjutnya tiap tiap pasangan harus menyadari arti dan target pernikahan yang dibangun.



Sayangnya banyak pasangan yang justru tidak terlampau betul-betul untuk menyadari arti dan target pernikahan Kristen yang di bangun di atas pondasi Kristus. Jika seseorang tidak memiliki visi dalam pernikahan yang dijalaninya, maka sesungguhnya orang selanjutnya sedang laksanakan tindakan bunh diri. Cepat atau lambat pernikahan yang dibangun bersama dengan bersama dengan pasangannya dapat layu dan mati. Untuk menghindari hal tersebut, sebelum saat menikah seharusnya para pasangan ini merenung dan menghayati sesungguhnya apa target hidup dan arti pernikahan bagi mereka.

Makna Pernikahan
tujuan utama menikah dan berkeluarga

churchofstmary.org

Pernikahan yang baik adalah pernikahan yang terbentuk atas prinsip total berasal dari dua orang di hadapan Tuhan dan sesama. Pernikahan yang baik tentunya terhitung didasari terhadap kesadaran bahwa pernikahan yang dijalani harslah melibatkan Tuhan secara pro aktif disetiap pengambilan keputusansebab pernikahan merupakan sebuah konsep yang kudus dan istimewa. Oleh sebab itu, pernikahan yang dijalani haruslah dijaga dan dipertahankan di dalam Kristus yang udah mengkuduskan dan mempersatukan. Lalu sesungguhnya pa arti pernikahan Kristen itu? Makna pernikahan Kristen antara lain:



1. Pernikahan merupakan suatu perjanjian (Convenant)

Orang yang menikah tentunya secara simbolis dapat mengucapkan janji pernikahan di Gereja. Secara sederhana, janji merupakan suatu persetujuan antara individu maupun kelompok. Perjanjian pernikahan adalah mengasihi dan dikasihi satu serupa lain. Ada tiga hal yang harus kita pelajari berasal dari perjanjian yang udah Allah tetapkan. Yang pertama yaitu perjanjian seutuhnya merupakan tindakan Allah sehingga perjanjian tidaklah dipahami sebagai sesuatu yang berbentuk kontrak. Karena tidak berbentuk kontrak maka perjanjian iini dapat konsisten berlangsung.



Kedua, perjanjian merupakan sesuatu yang berbentuk kekal terlepas berasal dari apakah umat Tuhan melakukannya atau tidak. Yang terakhir, Tuhan dapat menyediakan berkat bagi umatNya yang menuruti perjanjian tersebut. Dari ketiga hal ini, manusia memiliki kebebasan untuk memilih apakah dapat hidup di dalam perjanjian yang udah dibuatnya itu atau justru menolaknya.



Dalam hal ini pernikahan mempunyai kandungan implikasi penting yang tentunya harus kita pahami. Pertama, bagi pasangan yang dapat menikah haruslah mereka menyadari bahwa pernikahan yang dibangun haruslah atas basic kasih Kristus yang mempersatukan. Kedua, dalam tiap tiap pernikahan yang dibangun haruslah melibatkan Allah dalam segala hal. Jadikanlah Allah sebagai kepala pernikahan selanjutnya dan biarlah Allah yang memiliki otoritas penuh terhadap pernikahan yang dibangun. Ketiga, pernikahan haruslah dibangun seumur hidup sebab pernikahan mampu terbentuk atas ikatan perjanjian bersama dengan Allah.



2. Pernikahan merupakan kesaksian

Jika kita membaca Efesus 5:32 kita dapat melihat Paulus melukiskan hubungan suami istri itu sebagai hubungan Allah bersama dengan jemaatNya. Dalam artian, bersama dengan menikah orang Kristen dipanggil dalam suatu pelayan tertentu yaitu melihat kehadiran Kristus di dalam sebuah wadah yang disebut sebagai keluarga. Kehadiran Kristus selanjutnya mampu dirasakan lewat hubungan dan komusikasi antara suami istri yang jadi wadah bagi anak-anak untuk studi mengenal kasih Tuhan.



Kesaksian di dalam pernikah yang dibangun tentunya harus terhitung dirasakan oleh anak-anak. Keluarga haruslah jadi daerah perispan bagi anak-anak untuk jadi suami istri dan jadi orang tua berasal dari pernikahan yang dapat dibangunnya kelak. Pernikahan yang sehat tentunya dapat menghasilkan anak yang sehat pula. Oleh sebab itu Pernikahan yang dibangun harus jadi kesaksian dapat kasih Kristus di dalamnya.



Tujuan Pernikahan
tujuan pernikahan kristen

religionnews.com

Tentunya target berasal dari sebuah pernikahan bukanlah merupakan kebahagiaan semu yang diharapkan oleh banyak pasangan yang dapat menikah. Tujuan berasal dari pernikahan yang sesungguhnya yaitu pertumbuhan. Kebagiaan justru dapat ditemukan di tengah-tengah perjalanan pernikahan yang dilandasi oleh kasih Kristus. Kalau sejak awal target berasal dari menikah hanyalah untuk mencari kebahagiaan, maka pasangan kita hanya justru diperalat untuk menggapai kebahagiaan yang diinginkan. Oleh karenanya, banyak pasangan yang menikah hanya untuk mencari kebahagiaan justru dapat jadi pasangan yang tidak puas dalam hidupnya sebab senantiasa mencari kebahagiaan yang dibangun.



Dalam membangun sebuah keluarga tentunya tidak hanya puas yang hanya kita dapatkan melainkan terhitung duka yang dapat kita alami. Akan banyak hal yang berjalan dalam kehidupan pernikahan yang justru bukanlah suatu hal yang diharapkan. Namun, jika semua itu udah Tuhan ijinkan untuk terjadi, berarti Tuhan ingin kita untuk studi dan bertumbuh lewat itu semua. Lewat situasi yang sulitlah justru cinta dan komitmen diuji apakah pasangan selanjutnya dapat menjaga janji pernikahannya atau tidak. Mari kita melihat sesungguhnya apa target pernikahan itu sendiri.



1. Pertumbuhan

Pertumbuhan di dalam pernikahan Kristen adalah dikala pasangan suami istri mampu bertumbuh bersama dengan di dalam pengenalan dapat kasih Tuhan dan pasangan suami istri dpat melayani Allah lewat kehidupannya dan juga mampu jadi berkat bagi sesama. Agar pernikahan yang dibangun itu mampu bertumbuh, ada hal yang harus dimiliki oleh tiap tiap pasangan. Adapun hal yang harus dimiliki itu antara lain:





Sudah terima dan menyadari pengampunan Kristus sehingga dikala ada permasalah yang muncul, tiap tiap pasangan dapat dimampukan untuk saling mengampuni satu serupa lain.
Menrima pasangan apa ada sehingga tidak menuntut atau memaksa pasangannya untuk beralih melainkan mampu saling menyadari dan berikan dan juga menutupi kekurangan pasangan bersama dengan berlebihan yang dimilikinya.




2. Menciptakan masyarakat baru punya Allah

Masyarakat baru punya Allah merupakan satu masyarakat tebusan yang mampu jadi berkat bagi sesama. Wadah yang Allah memilih sebagai layanan untuk jadi berkat bagi sesama di dunia ini adalah keluarga. Rencana Allah untuk menjadikan keluarga sebagai wadahNya udah ditetapkan bakan sebelum saat manusia jatuh ke dalam dosa. Sampai hari ini, konsep Tuhan bagi tiap tiap pasangan Kristen adalah sehingga pasangan selanjutnya menghasilkan anak-anak Tuhan yang memiliki rasa tanggung jawab atas ciptaanNya.



3. Kesatuan, keintiman dan persahabatan

Tujuan berasal dari pernikahan itu sendiri adalah untuk mempersatukan sehingga terciptalah suatu hubungan yang intim dan suatu persahabatan di dalamnya. Oleh sebab itu, Allah menghendaki tiap tiap pasangan suami istri untuk senantiasa mengasihi dan menghormati satu serupa lain dan juga senantiasa menemani dalam tiap tiap situasi baik puas maupun duka.



Tuhan mempersatukan dua insan tentunya harus jadi basic anggapan kenapa suami istri harus membentuk suatu kesatuan yang tumbuh di dalam Kristus. Kesatuan yang konsisten terjaga dapat membentuk suatu keintiman di mana pasangan dapat saling melengkapi satu serupa lain.



Demikianlah arti dan target pernikahan yang diharapkan Allah. Kiranya tiap tiap pasangan Kristen yang dapat melanjutkan ke jenjang pernikahan dan membentuk sebuah keluarga mampu menyadari terlebih dahulu sesungguhnya apa arti dan target berasal dari pernikahan yang dapat dibangunnya. Kiranya artikel ini mampu berfungsi bagi kita semua.

https://images.google.com.na/url?q=https://www.yukampus.com
https://images.google.com.np/url?q=https:/www.yukampus.com
https://images.google.com/url?q=https://www.yukampus.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar